MENGGENAL SAMSUNG GALAXY J3 2016

samsung

Samsung telah merilis begitu banyak smartphone untuk bersaing ditahun 2016. Hampir semuanya membawa kode nama (2016) dibelakang serinya, karena rata-rata merupakan versi upgrade dari seri sebelumnya yang dipasarkan ditahun 2015. Nah yang paling terbaru ialah Smartphone Galaxy J3 (2016) yang telah resmi dipasarkan di negara Paman Sam, Amerika. Sayangnya harga smartphone ini dibanderol cukup mahal, padahal spesifikasi yang diusungnya tergolong standard, dan tak berbeda jauh dari pendahulunya.

Smartphone ini tetap dibekali layar 5 inci dengan teknologi Super Amoled, sehingga kualitas gambarnya tetap jernih dan tajam. Tak hanya itu saja, Samsung juga mengoptimalkan kinerja Galaxy J3 (2016) dengan meningkatkan kapasitas memori internal dan menambahkan sistem operasi Android terbaru yang siap mejaga kestabilan smartphone ini kita menjalankan beragam fungsi, dan fitur yang ada didalamnya. Tak hanya itu, tersedia pula dapur pacu powerfull berotakan chipset buatan Qualcomm.

Jangan bandingkan spesifikasi Samsung Galaxy J3 (2016) dengan smartphone buatan Xiaomi ataupun Lenovo, karena spesifikasi smartphone ini tergolong standar dan tak sebaik Xiaomi Redmi 3 maupun Lenovo Lemon 3 yang memiliki dapur pacu lebih powerfull, dan didukung kamera lebih canggih. Nah untuk Galaxy J3 (2016), sobat harus puas dengan kamera utama 5 Megapixel yang dipadukan kamera selfie beresolusi 2 Megapixel. Inilah yang menjadi kekurangan smartphone ini, padahal harganya melebihi 2 Juta Rupiah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga smartphone buatan Samsung lebih mahal dibandingkan vendor asal Tiongkok, sekelas Xiaomi dan Lenovo. Akan tetapi Samsung tetap mempertahankan kualitas smartphone buatannya, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli smartphone Samsung dibandingkan merek lainnya.

Untuk edisi 2016 ini, Samsung tetap membekali Galaxy J3 dengan layar berukuran 5 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixes, dan mengusung panel layar berteknologi Super Amoled Display. Kualitas layarnya tak perlu diragukan lagi, karena pastinya akan terlihat sangat tajam, dan jernih, sehingga sangat optimal ketika sobat pakai menonton video ataupun bermain game HD. Namun yang sangat disayangkan, Samsung tak melapisinya dengan pelindung antigores, jadi sobat wajib menambahkan screen guard agar layarnya tidak mudah tergores.

Layar Super Amoled Display menjadi standar baru bagi smartphone Samsung dikelas menengah kebawah, karena terbukti mampu menampilkan warna lebih natural yang terlihat realistis. Kemudian untuk segi desain, Samsung Galaxy J3 (2016) dibalut bodi berbahan plastik yang memiliki ketebalan 7.9 mm, dan bobotnya sekitar 136 gram. Bentuknya cukup ramping dan memiliki berat yang ringan, sehingga otomatis akan lebih nyaman dioperasikan

 smartphone ini menawarkan teknologi 4G LTE Category 4 yang bisa mengkses internet sangat cepat, yakni mencapai 150 mbps, dan bisa digunakan untuk mengunduh file hingga kecepatan 50 mbps. Sayangnya Samsung memasarkan smartphone ini dalam varian Single Sim, namun tak menutup kemungkinan akan ada varian Dual Sim saat Samsung Galaxy J3 (2016) di pasarkan di Indonesia.

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy J3 (2016) yang dijual di Amerka dengan harga di atas 2 Juta Rupiah, smartphone ini telah dibekali memori Ram berkapasias 1.5GB dan didukung kinerja powerfull dari chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung processor Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53. Tak hanya itu saja, dapur pacu Galaxy J3 (2016) juga dilengkali chipset grafis Adreno 306 yang mampu mengeksekusi berbagai game HD dengan lancar. Lalu ada pula memori internal berkapasitas 16GB.

Kapasitas memori bawaan yang dimiliki Galaxy J3 (2016) lebih besar dibandingkan milik Galaxy J3 (2015), sehingga otomatis membuat harga Samsung Galaxy J3 (2016) dibanderol sedikit lebih mahal. Bahkan harganya hanya berselisih sediki dari Galaxy J5 yang dipasarkan sekitar 2.6 Jutaan. Owh yah, smartphone ini juga dilengkapi slot microSD dengan daya tampung mencapai 128GB, dan mengusung sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang dipercantik tampilan antarmuka TouchWiz UI yang menjadi ciri khas smartphone buatan Samsung.

Entah mengapa Samsung merubah resolusi kamera Galaxy J3. Pasalnya untuk versi 2015 memiliki kamera belakang 8 Megapixel, sedangkan untuk versi 2016 hanya dibekali kamera belakang 5 Megapixel dengan fitur standar berupa autofocus, led flash, dan kemampuan video recording HD 720p@30fps. Tentunya hal ini menjadi salah satu kelemahan Galaxy J3 (2016), padahal pengguna smartphone masa kini sangat bergantung pada kamera smartphone dalam mengabadikan setiap momen berharga, karena lebih simple dibandingkan membawa kamera analog DSLR ataupun lainnya. Tak hanya kamera belakang saja yang mengalami penyusutan resolusi. Pada bagian depan juga menurun dari 5 Megapixel menjadi 2 Megapixel.

Yang terakhir untuk masalah baterai. Smartphone ini menawarkan baterai yang awet dan bisa bertahan selama 18 jam waktu bicara saat dipakai pada jaringan 3G, dan 22 jam ketika di jaringan 2G. Kemampuan tersebut berasal dari baterai Li-Ion berdaya 2.600 mah, sehingga sobat tak perlu lagi dibingungkan dengan masalah baterai yang boros apabila membeli smartphone ini. Selain itu, baterainya juga bisa kita lepas, namun sayangnya belum didukung teknologi fast charging.

Samsung Galaxy J3 (2016) telah resmi dipasarkan di Amerika dengan harga mencapai USD$180 atau apabila kita rupiahkan maka harga Samsung Galaxy J3 (2016) mampu menembus Rp. 2.4 Jutaan.

 

 

Kata Kunci :

  • kode rahasia samsung j3
  • rahasia samsung j3
  • tombol rahasia samsung j3
  • kode rahasia samsung j3 2016
  • kode rahasia hp samsung j3
  • kode rahasia j3
  • kode rahasia hp samsung galaxy j3 2016
  • kode rahasia galaxy j3
  • kode rahasia samsung galaxy j3
  • kode samsung j3
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *