MENGGENAL PENGGRAJIN SANGKAR BURUNG DI WILAYAH SENTUL LAWANG

SANGKAR SENTUL

MALANG Bagi pecinta  hobi burung kicau ngak sreg /pas jika kita menggunakan sangkar burung yang biasa atau cendrung ngak kuat dan tidak  tahan lama akibat bahan kayunya  jelek. Oleh karena itu Tim Blusukan berada di daerah Sentul Kampung baru masuk wilayah Lawang kabupaten Malang. Pak Abdul manan. (61 tahun) salah seorang pengrajin sangkar burung di wilayah Sentul ini menuturkan ke pada tim Blusukan bahwa semula kegiatanya ini hanyalah iseng-iseng semata. Bermula dari perkenalannya dengan  teman memacingnya sekitar setahun yang lalu  menggajarinya untuk membikin sangkar burung dari kayu mahoni yang mudah di temukan di daerah ini.

“Saya sih ngak bisa bikin dulunya mas pikir saya kan sulit jika memulainya di samping itu peralatanya kan juga kita ngak punya mas,tapi teman saya terus menggajari saya ini yang sudah tua.Nah dari situ saya baru bisa membikin sangkar burung ” Jelasnya ke pada tim Blusukan Bagi pak.Dul (sapaan akrabnya) masa tua harus di isi dengan berkarya bukan diam sja beliau lebih mementingkan aktivitas supaya tubuh juga ikut bergerak. Hasilnya adalah Pak Dul bis memperoleh penghasilan yang cukup buat anak cucunya sekarang ,apa lagi semua sangkar burungnya di jual ke pulau Bali dan sekitarnya ngak ada yang di jual di Wilayah Malang.

“Kita ini kendalanya cuma satu mas yakni Modal usaha supaya saya bisa membeli mesin yang lebih bagus lagi ” Jelas kakek 3 orang cuvu ini ke pada tim Blusukan saat di tanya kendala apa yang sering muncul . Setiap bulannya Pak Dul ini sendirian mampu menjual sangkar burungnya sejumlah 50 biji sangkar ke Denpasar Bali, sementara itu beberapa sangkar burung di pesan langsung oleh costumernya yang datang langsung ke rumahnya.Rata-rata kakek tiga orang cucu ini mampu menjual 60-70 sangkar setiap bulannya yang Pak Dul kerjakan secara manual dengan alat seadanya.

Beliau bercita-cita mau mengajak anak-anak muda di daerahnya yang masih nganggur untuk mulai menekuni usaha bikin sangkar burung ini dan di perlukan ketelatennan /ketekunan dalam mengkerjakannya, karena hasilnya cukup menggiurkanitung-itung menggurangi tingkat pengganguran di wilayah sini. Untuk harga satu set isi 3 sangkar  Rp.400.000 ukuranya sendiri Lebar 40Cm-42 Cm dan tinggi 70 Cm.

 

 

 

Kata Kunci :

  • sangkar burung biasa
  • cara membuat kandang burung
  • cara membuat sangkar burung sendiri
  • cara bikin kandang burung
  • cara buat sangkar burung
  • sangkar burung
  • cara membuat sangkar burung
  • cara membuat sangkar burung murah
  • cara bikin sangkar burung
  • cara mudah membuat kandang burung
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *