MENGGENAL PEMBIKINAN RAKET DI KELURAHAN BANDUNGREJOSARI KOTA MALANG

DSCF3181

DSCF3187Malang  (25/07) Home industri di kota Malang sangatlah berfariasi dari jenis kuliner hingga bidang kerajinan semua ada di kota Malang ini. Saat ini tim Blusukan  berada di wilayah Klayatan tepatnya di kelurahan Badungrejosari kecamatan Sukun kota Malang beberapa masyarakat sekitar sudah memulai industri pembikinan raket mulai tahun 1970-an.

Sampai sekarang pun mereka tetap Eksis bergerak di dunia home industri raket ini, sayangnya perhatian dari kepala kelurahan  di wilayah Bandungrejosari pun dinilai sangatlah kurang oleh para pengrajin raket disini.

Hal ini di benarkan oleh Bapak Agus Gunawan (37 tahun) salah seorang pengrajin home industri raket di wilayah Kelurahan Bandung rejosari “Saya lulus STM langsung kerja menekuni usaha pembikinan raket milik ayah saya yang sudah ada sejak 1970-an. Namun sejak dulu perhatian dari pihak pemerintah dalam hal ini Kelurahan sini  cuma di datangi saja  dan itu sudah lama sekali dan saat ini pun tidak ada pihak kelurahan sini berkunjung lagi dan memberi solusi bagaimana caranya usaha kami ini terus berkemang mengikuti perkembangan jaman yang semakin meningkat . harapan saya kita bisa di beri bantuan dana dan pembelian mesin baru untuk aktifitas industri kami, jujur saja kami disini berkerja secara manual.” Jelasnya kepada tim Blusukan

Usaha pembikinan Raket yang digeluti oleh pak Agus ini memang di wariskan turun temurun,keluarga ini mulai berproduksi pada tahun 1970-an dan memang masyarakat sini dulunya para pengrajin Raket muali dari stang kayu sampai sekarang pipa besi.

Untuk pekerja sendiri pak agus memperkerjakan 8 orang tetangga sekitar rumahnya dengan demikian setidakya pak agus bisa menghambat tingkat kemiskinan dan memberi ruang kerja di wilayah yang padat penduduknya seperti di kelurhan  Bandungrejosari kecamatan sukun ini.

Dengan jumlah pekerja delapan orang pak agus  dalam satu minggu bisa memikin raket 6000 unit hanya dengan perlengkapan manual. dan satu hal yang dikhawatirkan oleh pak agus adalah dimana persaingan industri raket kemasukan barang dari luar negri dan memiliki nilai jual yang rendah sehingga bisa menghancurkan usaha home industri nya. Untuk itu pak agus meminta kepada pemerentah bahwa raket-raket impor yang memiliki nilai jual miring tetapi kwalitas buruk  hendaknya tidak di perjual belikan di pasaran,karena dampaknya begitu terasa agi home industri semacam ini.

 

 

 

Kata Kunci :

  • home industri raket klayatan
  • bandungrejosari raket malang
  • cara mempromosikan raket
  • home industri raket
  • industri raket malang
  • pengrajin raket bandung
  • pengrajin raket klayatan malang
  • pengrajin raket malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *