MENGGENAL MANFAAT DARI KUNYIT UNTUK KESEHATAN

kunyit

Salah satu jenis tanaman Polo kependem (tanaman yang berbuah di dalam tanah) yakni  Kunyit atau yang juga disebut kunir (jawa), konyet (Madura), dan  koneng(Sunda) merupakan jenis tanaman rempah yang mudah dijumpai banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman yang satu ini sudah dikenal lama akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu di wilayah asia tenggara tanaman ini juga mudah di jumpai sebagai bahan masakan di dapur.

Kasiat Kunyit sudah tidak diragukan lagi dalam dunia medis terutama jenis pengobatan tradisional. Hal tersebut sangat wajar mengingat kunyit memiliki banyak mengandung zat-zat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Secara medis kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkuminoid merupakan faktor penting dalam pengobatan, senyawa tersebut terdiri dari dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Selain itu terdapat pula zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang berkomposisikan Keton sesquiterpen, felandren , sabinen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, borneol dan sineil. Selain kandungan tadi kunyit juga mengandung Protein 30%, Vitamin C 45-55%, Lemak 1 -3%, Karbohidrat 3%, Pati 8%, dan garam-garam mineral yaitu kalsium, fosfor dan zat besi.

DAN MANFAATNYA SEBAGAI BERIKUT

1. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker terbentuk akibat adanya sel yang bermutasi akibat radikal bebas serta racun yang masuk kedalam tubuh dan tidak mampu di netralisir. Agar radikal bebas dan racun bisa di netralisir maka bisa memanfaatkan kunyit yang kaya akan kurkumin sebagai antioksidan. Antioksidan mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Kurkumin yang ada pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Rebus bahan tadi pada 1 liter air hingga mendidih.Saring air rebusan kunyit tadi, minum 2 kali seminggu, sekali minim sebanyak 1/2 gelas.

3. Mengurangi Resiko Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada otak. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi kunyit memiliki resiko lebih kecil terkena Alzheimer.  Hal tersebut dikarenakan orang yang rajin mengkonsumsi kunyit otaknya lebih terlindungi dari radang otak.

4. Mengobati Tifus dan Radang Lambung

Kandungan kunyit yang kaya akan zat bermanfaat termasuk mengatasi luka pada lambung serta mengobati penyakit tifus. Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

5. Mengatasi Radang Persendian

Ternyata kandungan kurkumin pada kunyit juga bermanfaat sebagai Anti-inflamasi atau anti-radanf. Sehingga akan sangat bermanfaat sebagai obat bagi mereka yang menderita penyakit radang sendi. Maka konsumsi kunyit akan sangat membantu, bahkan saat ini mudah di jumpai obat radang sendi berupa kapsul yang berbahan ekstrak dari kunyit.

6. Mengatasi Kolstrol Jahat (LDL) Dalam Tubuh

Kolestrol jahat atau LDL sangat berbahaya bgai tubuh. Kolsetrol yang satu ini dapat memicu berbagai penyakit seperti radang pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, jantung, dan penyakit kolestrol lainya. Kandungan kunyit dipercaya mampu mengatasi kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh sehingga mengurangi resiko terserang penyakit akibat kolestrol.

7. Mengobati Luka dan Mencegah Infeksi

Kunyit juga kaya akan zat anti septik yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dan mencegak infeksi pada luka. Sehingga mampu membunuh bakteri pada luka dan membuat luka cepat kering.

Kata Kunci :

  • Gambar tanaman kunyit
  • tanaman kunir
  • tanaman kunyit
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *