MENGGENAL EVERCOSS ANDROID ONE X

evercoss

MALANG Awal tahun ini Google memiliki proyek gadget Android One. Proyek yang bekerjasama dengan pabrikan gadget lokal untuk membuat smartphone berharga murah ini, salah satunya menggandeng Evercoss. Seri yang diluncurkan bersama Evercoss bernama Android One X yang memiliki sistem operasi terkini, yakni Android 5.1 Lolipop yang menjanjikan konektivitas tingkat tinggi.
Promotor Evercoss Sentral Mobile Malang Plaza, Melandie mengatakan, Evercoss One X ini merupakan perangkat pertama Evercoss yang sudah mengusung OS terbaru. “Saat ini, OS tertinggi Lollipop dan untuk ponsel lokal kami merupakan pioneer, bersaing dengan Mito dan Advan,” ujarnya. 

Menurut dia, Evercoss lebih unggul karena perangkat ini sudah beredar di pasar gadget tanah air sejak Februari 2015 lalu. Sementara, untuk kompetitor masih belum diketahui kapan perangkatnya bisa beredar luas. Perempuan yang akrab disapa Mela ini mengatakan, Evercoss One X memiliki bandrol yang murah, hanya Rp 1,5 jutaan namun telah memiliki jaminan konektivitas memukau dari Google. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan browsing 3G HSDPA mencapai 21 Mbps. Sementara, untuk jaringan HSUPA sebesar 5,76 Mbps. 

Dia menyebutkan, untuk fitur konektivitas ponsel dengan sasaran pasar entry level ini sudah berbekal Wifi dan hotspot. Sementara, untuk keperluan transfer data bisa memaksimalkan fitur USB dan Bluetooth.
Mela menyampaikan, Evercoss One X memiliki bentang layar 4,5 inci. Ukuran ini menjadi daya tarik tambahan, sebab banyak pengguna gadget yang berburu perangkat berukuran 4-5 inci. “Bentang layar ini favorit karena terasa nyaman dalam genggaman. Pengguna masih merasa mudah ketika mengoperasikannya dengan satu tangan,” beber dia. 
Menurutnya, Evercoss memberikan resolusi FWVGA dan memiliki resolusi tampilan 480 x 854 pixels. Layarnya mampu menghasilkan tingkat kerapatan layar hingga 218 pixel per inch (ppi). Hasilnya, tampilan akan jernih dan terang, apalagi berkat sentuhan in plane switching (IPS) capacitive touchscreen pada layarnya. Teknologi IPS mampu menyuguhkan kualitas gambar yang tajam dan tetap kontras  meskipun digunakan di bawah terpaan sinar matahari.

Sementara itu, pada bagian otak, Evercoss memberikan chipset Mediatek MT6582 pada Android One pertamanya ini. Selain itu, processor Quad-Core Cortex A7 tersebut mampu melaju dengan kecepatan mencapai 1.3 GHz. “Bila prosesor bersanding dengan RAM 1 GB, maka hasil akselerasi sangat responsif. Aktivitas multitasking dengan membuka beberapa aplikasi atau game bersamaan tetap lancar,” urainya panjang lebar.
Untuk urusan kamera,  Evercoss masih memberikan sensor 5 MP saja pada bagian kamera utama. Lensa ini mampu menghasilkan gambar beresolusi 2592 x 1944 pixels dimana telah dilengkapi fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection dan panorama. “Untuk kamera memang masih kalah maksimal ketimbang fitur operasionalnya. Sebab, seri ini memang memberikan kenyamanan dalam koneksi. Ponsel ini siap mengakomodasi kebutuhan selfie pengguna dengan kamera depan 2 MP untuk menunjang kegiatan panggilan video ataupun video chat,” terang dia. 

 

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *