Mengenal Teknik White Hat dan Black Hat SEO Beserta Contohnya

Pengertian White Hat SEO
Merupakan teknik SEO yang dilakukan secara legal, baik, dan bijak serta tidak melanggar peraturan ataupun kebijakan yang dibuat dan ditetapkan oleh search engine (mesin pencari), seperti Google. Dengan demikian, teknik SEO ini sangat disarankan atau direkomendasikan karena memiliki unsur legal dan tanpa adanya kecurangan dalam penggunaannya.

Teknik White Hat SEO

Membuat Artikel yang Berkualitas, salah satu teknik SEO yang baik adalah dengan membuat atau menulis artikel yang berkualitas. Bagaimana artikel yang berkualitas itu? tentu artikel yang berupa tulisan tangan sendiri tanpa mengambilnya dari blog orang lain.

Penerapan Meta Tag Description, penggunaan meta tag ini sangatlah baik dan penting terhadap sebuah blog untuk menunjang blog tersebut untuk tampil di halaman mesin pencari.

Backlink yang Berkualitas, banyak blogger yang memanfaatkan backlink berkualitas untuk mengoptimalkan SEO Blog mereka. Lalu bagaimana backlink yang berkualitas itu? untuk bagian ini admin akan share pada postingan berikutnya.

Promosi ke Sosial Media, merupakan sebuah metode yang sebenarnya wajar-wajar saja untuk dilakukan, pasalnya kebanyakan dari blogger yang menggunakan situs sosial media sebagai sarana promosi web atau blog mereka.

Setelah melihat teknik White Hat SEO, selanjutnya adalah Black Hat SEO. Mari kita simak uraiannya dibawah ini.

Pengertian Black Hat SEO
Teknik SEO yang merupakan kebalikan dari White Hat SEO, teknik ini dilakukan secara ilegal, curang, serta melanggar peraturan atau kebijakan yang dibuat dan ditetapkan oleh mesin pencari, seperti Google. Teknik ini mengutamakan peringkat pertama atau teratas halaman mesin pencari, sehingga dalam penggunaannya dilakukan serba otomatis dan tidak manual. Tentu teknik ini sangat dilarang dan tidak baik untuk dilakukan. Ada banyak teknik Black Hat SEO yang ilegal tersebut, diantaranya adalah berikut ini.

Teknik Black Hat SEO

Iteration Title (Pengulangan Judul), seperti namanya teknik ini dilakukan dengan mengulang-ngulang judul postingan, hingga membuat postingan tersebut berada di urutan teratas mesin pencari.

Keyword Stuffing, teknik ini hampir mirip dengan yang diatas, dengan cara melakukan menulis kata kunci atau keyword yang dilakukan secara berlebihan dan tujuannya tidak lain adalah untuk membuat blog tersebut terindex mesin pencari.

Link Farming, dapat diartikan sebagai pertanian link, yang dimaksud adalah memasukkan link sebanyak-banyaknya ke dalam satu halaman. Tentu penggunaan teknik ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari layaknya Google.

Doorway atau Cloacking Page, yakni dengan menciptakan sebuah kode khusus yang digunakan untuk memanipulasi konten sebuah website atau blog. Salah satunya dengan memunculkan atau mengarahkan pengunjung kepada halaman yang hanya berisi oleh keyword atau kata kunci saja.

Invisible Text, seperti namanya yang berarti teks tak terlihat. Teknik ini dilakukan dengan menyembunyikan sebuah teks yang merupakan kata kunci. Seperti teks yang mengikuti warna background halaman tersebut, sehingga tidak tampak oleh mata pengunjungnya.

Jadi, dapat disimpulkan disini bahwa teknik SEO itu terbagi menjadi dua, yakni Teknik White Hat SEO dan Teknik Black Hat SEO. White Hat SEO yang merupakan teknik SEO yang baik dan sangat dianjurkan, serta Black Hat SEO merupakan Teknik SEO yang curang dan dilarang dalam penggunaannya.

Itulah postingan singkat tentang SEO untuk kesempatan kali ini, semoga apa yang ditulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi pengunjung semua.
Sekian, terima kasih.

Kata Kunci :

  • pengertian blackhat pada seo beserta contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *