MENGENAL LEBIH MANFAAT GOPRO

GoPro adalah sebuah kamera action yang sangat cocok digunakan dalam beraktivitas di outdoor. Dalam menghiasi pasar kamera di dunia terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada GoPro.

Untitled

Kelebihan utama yang dimiliki Gopro yaitu dari segi ukurannya yang amat sangat kecil daripada kamera pada umumnya. Desain yang sangat compact, dan anti air menjadikan Gopro sangat fleksibel untuk digunakan dan diletakan diberbagai posisi baik di darat maupun didalam air. Rekam video yang dihasilkan Gopro pun tidak pernah main-main. Gopro Hero 4 Black Edition, mampu merekam gambar hingga kualitas 4K dengan 30 FPS. Jadi walaupun bentuknya yang kecil, kualitas gambarnya tidak main-main.dan setara dengan kamera DSLR.

Kelebihan lain yang membuat Gopro sangat menarik adalah banyaknya aksesoris yang disediakan untuk mengambil gambar dalam berbagai kondisi. Ada mount untuk dibadan, helm, papan seluncur, di pergelangan tangan, bahkan mount yang bisa diletakan di badan seekor binatang.

Kelebihan terakhir dari kamera Gopro yakni ketersediaan software pendukung yang sangat lengkap, terutama untuk mobile Apps untuk iPhone, Android, maupun Windows Phone. Dengan Apps ini anda dapat menjadikan ponsel sebagai, view finder untuk mengecek posisi objek yang akan di ambil, dan transfer file dari Gopro ke ponsel sehingga dapat langsung diupload ke sosial media.

Kekurangan Gopro yang paling sering dirasakan oleh pengguna setianya adalah kapasitas baterai yang hanya mampu bertahan 1 sampai 2 jam. Berbeda dengan kamera DSLR atau kamera lain yang memiliki kapasitas baterai lebih besar. Kapasitas memorinya pun sangat kecil, sedangkan ukuran video yang direkam oleh Gopro berukuran sangat besar, untuk 1 jam video bisa sampai 20 GB. Akan tetapi hal tersebut amat wajar karena fungsi awal kamera Gopro memang hanya cocok untuk merekam momen yang durasinya tidak terlalu lama. Bagi Anda yang sering traveling, disarankan untuk memiliki memori cadangan sehingga anda tidak khawatir kehabisan memory saat ingin mengabadkan momen menggunakan GoPro

Kekurangan Gopro berikutnya adalah hanya fokus di fitur merekam, jadi untuk fitur pengambilan gambar masih belum setara jika disandingkan dengan DSLR. Kamera compact ini juga belum di lengkapi dengan Optical Image Stabilization sehingga jika terjadi guncangan ketika Anda merekam gambar akan cukup terasa. Akan tetapi saat ini sudah tersedia software tambahan Digital Stabilization sehingga gambarnya tidak terlalu goyang-goyang.

Kekurangan Gopro yang terakhir adalah harga aksesorisnya yang relative cukup mahal, GoPro Black dibandrol sekitar $499, Silver $399, dan yang Hero $129. Sedangkan untuk mountingnya dibandrol mulai dari harga $20 – $50. Jadi untuk bisa menggunakan GoPro dalam berbagai aktivitas, pengguna harus membeli mount yang harganya relatif mahal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *