Mengatasi Bootloop Pada Android

Mengatasi-Bootloop-Pada-Android

Pada artikel kali ini akan kami informasikan mengenai cara mengatasi permasalahan bootloop yang biasa terjadi pada ponsel android. Namun dalam mengatasinya usahakan jangan gegabah ketika mengambil keputusan, karena bisa saja apa yang anda lakukan untuk mengatasinya bukanlah cara yang tepat mengingat ada banyak cara yang bisa di praktikkan secara langsung. Hal ini akan berisiko pada kondisi ponsel android anda.

Nah, untuk melakukan perbaikan pada ponsel yang mengalami bootloop. Ada baiknya anda perhatikan dulu apa penyebab pastinya. Tapi sebelumnya anda harus paham apa saja jenis-jenis dari bootloop itu sendiri . Karena dari sini kita dapat menentukan langkah yang tepat guna mengatasinya. Jika belum, maka perhatikan beberapa jenisnya dibawah ini

Jenis-jenis bootloop :

• light bootloop.
bootloop yang satu ini adalah permasalahan bootloop yang paling ringan yang dapat dia tasi dengan mudah. Hal ini biasa terjadi ketika anda mengotak atik sistem pada ponsel anda, Jadi disini anda tidak masuk terlebih dulu ke dalam mode recovery yang mengakibatkan ponsel android anda mengalami bootloop.

• Medium bootloop.
hampir sama seperti sebelumnya, bootloop ini terjadi ketika pengguna melakukan otak-atik ponsel namun sudah masuk ke mode recovery. Jadi medium bootloop ini termasuk dalam jenis kerusakan tingkat menengah yang mana efeknya ponsel masih mau masuk ke mode recovery ketika dinyalakan.

• Hard bootloop.
Untuk Hard bootloop memang tergolong dalam kerusakan yang berbahaya karena ponsel sama sekali tidak dapat melakukan booting. jadi yang muncul pada layar hanya gambar logo dari android saja. Sehingga untuk mengatasinya memang perlu adanya tindakan khusus untuk mengembalikan ponsel ke keadaan semula. Pada bootloop ini kita memang sudah tidak ada lagi cara untuk masuk ke mode recovery.

Setelah anda mengetahui jenis-jenis daripada bootloop yang biasa terjadi pada ponsel android maka selanjutnya galiran cara untuk mengatasi bootloop tersebut. Dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasinya :

• Mengatasi Light bootloop.
Dalam mengatasinya yang dapat anda lakukan cukup dengan mencopot baterai pada ponsel android anda. Dengan demikian permasalahan bootloop yang termasuk ringan ini telah selesai dan kemudian nyalakan lagi maka ponsel anda dipastikan dapat booting kembali lagi seperti sedia kala.

• Mengatasi Medium bootloop.
Untuk bootloop yang ini memang diperlukan software restore backup yang terdapat di CMW. Akan tetapi cara ini membutuhkan file backup. Jadi untuk lain kali apabila anda sama sekali belum pernah melakukan backup data, maka anda akan membutuhka antisipasi lain uang memerlukan software.

• Mengatasi Hard bootloop.
Permasalahan booting yang tergolong berat ini dibutuhkannya software pendukung untuk memperbaikinya. Dimana anda bisa menggunakan Software Odin, adapun caranya :

    • Anda buka aplikasi tersebut
    • lalu ekstrak file firmware, kemudian akan ada data yang harus anda isi
    • pada opsi phone isi dengan tulisan “modem” , sedangkan pada CSC isikan “CSC_”
    • kemudian matikan ponsel anda. masuk pada mode download dan tekan power, volume down dan home secara bersama.
    • hubungkan ponsel dengan komputer dan tekan volume up
    • setelah ponsel terdeteksi , maka akan muncul ID:COM pada layar yang berwarna hijau dan kuning
    • Kemudian mulailah pilih start dan proses akan berjalan sendirinya hingga selesai.

Nah, setelah itu maka ponsel android anda akan bisa booting lagi seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *