Mengapa Website Bisnis Saya Tidak Muncul Di Google ?

download

“WEBSITE SAYA BARU SAJA SELESAI, MENGAPA TIDAK MUNCUL DI GOOGLE?”

 Ya, kami kerap mendengar keluhan pemilik website bisnis seperti ini. Muncul di halaman pertama mesin pencari Google memang sangat krusial untuk bisnis Anda. Fakta yang ada menunjukkan bahwa lebih dari 75% pengguna mesin pencari tidak keluar dari halaman pertama demi mendapatkan hasil pencarian yang akurat. Berkaca pada hal ini

, dapat dimengerti apabila semakin banyak orang yang ingin tampil di halaman pertama Google, bagaimanapun caranya.

Pertama-tama, kami hendak menekankan bahwa Google memiliki cara kerja yang berbeda dari surat kabar. Mungkin Anda merasa bahwa kedua proses ini masih memiliki ikatan konsep yang sama: Anda membayar sejumlah uang agar bisnis Anda bisa segera ditampilkan. Di surat kabar, Anda bisa saja membayar sejumlah uang pada hari ini dan iklan bisnis Anda akan muncul di halaman pertama keesokan harinya. Mesin pencari memang mungkin terlihat seperti halaman surat kabar bagi Anda, karena Anda dapat menjelajah informasi dari satu halaman ke halaman lain. Akan tetapi, cara kerja mesin pencari tidak seperti surat kabar. Anda tidak dapat membuat website pada hari ini dan berharap agar langsung muncul di halaman pertama Google keesokan harinya, berapapun yang Anda bayarkan.

Di balik halaman mesin pencari Google dengan tampilan sederhana yang terpampang di hadapan Anda, terdapat sebuah sistem kompleks yang dibuat dan diuji secara hati-hati untuk kebutuhan pencarian Anda di internet. Sistem ini telah diatur agar dapat menampilkan hingga lebih dari seratus miliar pencarian tiap bulan. Dan website bisnis Anda yang baru hanyalah satu di antaranya.

Francois Rabelais, penulis kenamaan asal Prancis pernah berujar, “Segala sesuatu akan datang pada waktunya bagi mereka yang bersedia menunggu.” Demikian juga adanya apabila Anda ingin tampil nomor satu di mesin pencari. Tidak ada proses instan yang dapat Anda tempuh untuk mencapainya. Anda hanya perlu menunggu (dan optimasi website Anda secara kontinyu, tentu saja) serta menikmati prosesnya, hingga kesuksesan website bisnis Anda datang dengan sendirinya. Momentum kesuksesan itu harus Anda ciptakan sendiri, bukan?

CARA KERJA MESIN PENCARI GOOGLE

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mengapa website bisnis Anda tidak muncul di Google, ada baiknya Anda mengetahui cara kerja mesin pencari ini terlebih dahulu. Suatu pencarian yang dilakukan secara online selalu dimulai dari jaringan internet. Dalam Bahasa Inggris, jaringan ini disebut dengan “web” – untuk merujuk jaringan yang amat luas, seperti jaring laba-laba raksasa yang saling terhubung satu sama lain. Nah, bisnis Anda di internet diwakili oleh sebuah “website”, yang merujuk pada suatu situs atau tempat di jaringan yang amat luas tersebut.

Jaringan ini memang amatlah luas. Hingga saat ulasan ini ditulis saja, terdapat 60 triliun halaman berbeda di jaringan internet yang jumlahnya terus bertambah secara konstan! Lalu, bagaimana website Anda dapat ditemukan dengan benar di dalam jaringan ini? Google menggunakan robot bernama “web crawler” untuk menelusuri jaringan internet satu per satu, dari satu halaman ke halaman lain. Data hasil pencarian ini kemudian dikumpulkan dan diatur berdasarkan konten dan faktor-faktor lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan, algoritma mesin pencari Google mencoba mengenali apa yang Anda maksud berdasarkan kata kunci pencarian. Algoritma ini mengklarifikasi pencarian Anda menggunakan beberapa fiturnya seperti pencocokan ejaan, sinonim, auto-complete, metode pencarian, query understanding, dan Google Instant. Dari petunjuk ini, Google akan memilih hasil pencarian yang relevan berdasarkan Index.

Jika sudah ditemukan daftar hasil pencarian yang relevan, langkah berikutnya adalah proses pemberian peringkat berdasarkan lebih dari 200 faktor berbeda. Kualitas website dan halaman, tingkat kesegaran konten, modepencarian aman untuk menyortir konten dewasa, konteks pengguna berdasarkan konteks pengguna, serta pencocokan berdasarkan bahasa dan lokasi Anda merupakan beberapa poin aspek yang sangat krusial. Yang lebih menakjubkan lagi, seluruh proses pencarian ini hanya terjadi dalam waktu 1/8 detik saja!

LANTAS, MENGAPA WEBSITE BISNIS SAYA MASIH BELUM KUNJUNG MUNCUL DI GOOGLE?

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, ini hanyalah soal waktu. Uang tidak serta-merta bisa membuat website Anda muncul di halaman mesin pencari Google hanya dalam waktu satu malam saja. Jika waktu adalah sesuatu yang pasti, dalam artian bahwa Google pasti akan menampilkan website Anda di kemudian hari, pertanyaannya akan kembali kepada Anda sendiri: apa yang sudah dimiliki oleh website Anda sehingga Google menilai website Anda layak tampil di halaman pertama? Di bawah ini kami memiliki tiga kemungkinan mengapa website Anda tidak tampil di Google.

1. ARSITEKTUR WEBSITE ANDA BELUM SIAP.

Ya, bisa jadi arsitektur website Anda belum siap untuk ditemukan di mesin pencari Google. Anda dapat saja menemukan jasa pembuatan website berbiaya sangat mahal namun tidak memiliki arsitektur yang baik. Banyak orang mengabaikan arsitektur website karena berpendapat bahwa mereka tidak terlalu fokus untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Padahal, kalau website Anda menjadi lebih mudah ditemukan, bukankah itu akan baik untuk bisnis Anda?

Anda dapat mulai melakukan optimasi website dengan cara menambahkan kata kunci yang Anda kehendaki pada bagian meta dan alt text. Ditambahkannya kata kunci pada bagian ini akan mempermudah mesin pencari dalam menemukan website Anda di internet berdasarkan relevansi. Selain itu, Anda juga perlu mengarahkan Pretty URL atau alamat URL yang mudah dibaca ke halaman website Anda.

Untuk terus menjaga agar arsitektur website Anda tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu menggunakan aplikasi khusus dari Sang Pencipta mesin pencari tersebut. Aplikasi ini dinamakan Google Webmaster Tool, dan dapat mendiagnosa bagian mana saja pada website Anda yang membutuhkan sentuhan optimasi.

2. WEBSITE ANDA KURANG POPULER.

Bukan bermaksud menyepelekan, tapi bisa jadi salah satu alasan mengapa website bisnis Anda belum juga muncul di Google adalah karena kurang populer. Mengapa bisa demikian? Popularitas website turut mempengaruhi peringkat website Anda. Jumlah pelanggan yang masuk ke dalam website Anda serta jumlah orang yang membicarakan website Anda di media sosial turut memegang peran signifikan. Oleh karena itu, Anda perlu mempromosikan website Anda. Ibarat pohon, jika tidak terus dirawat tidak akan tumbuh dengan baik, bukan?

Ada banyak cara untuk mempopulerkan website dan menarik minat pengguna agar mau berkunjung ke website Anda. Cara mudahnya adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Google+. Terus update laman ini dengan berita terbaru mengenai bisnis Anda ataupun sekedar berbagi tips-tips berguna. Jika perlu, Anda bahkan juga dapat mulai melakukan kampanye iklan offline untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website.

3. WEBSITE ANDA JARANG DIPERBARUI.

Tak hanya media sosial saja, website Anda juga perlu diupdate secara berkala. Seringkah Anda melihat perusahaan besar dengan website yang memiliki penampilan ketinggalan jaman? Kami beritahukan suatu rahasia: website bisnis yang ketinggalan jaman dapat berpengaruh pada citra perusahaan Anda. Malah, terkadang lebih baik tidak memiliki website sama sekali daripada memiliki website dengan tampilan buruk.

Apabila website Anda termasuk dalam kategori website company profile yang jarang memerlukan update, Anda dapat mulai mengembangkan blog perusahaan. Blog ini bisa berisi topik-topik yang relevan dengan bisnis Anda seperti tips, info terbaru, hingga siaran pers perusahaan. Kemudian, Anda perlu share artikel ini melalui akun media sosial yang Anda miliki agar bisa dibaca oleh lebih banyak pengguna.

Setelah menemukan apa yang dimiliki oleh website bisnis Anda, barulah Anda dapat menentukan langkah mana yang dapat ditempuh untuk memunculkan website Anda di Google. Semoga ulasan kami ini dapat membantu Anda dalam melakukan optimasi website dan lebih memajukan bisnis Anda di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *