MELIHAT MASYARAKAT DESA SUKO MEMBIKIN PRAHU DARI LEMPENGAN BESI

Jpeg
KAR AMBA IKAN

KAR AMBA IKAN

KABUPATEN MALANG (01/02) Kali ini tim Blusukan berada di daerah desa suko kecamatan sumberpucung kabupaten Malang, daerah ini memiliki aliran air sungai yang sangat luas dan lebar kira-kira memiliki lebar 300 meter. Daerah ini sudah di kenal oleh masyarakat Malang raya khususnya pengemar hoby memancing.

Masyarakat sekitar beberapa orang sudah memiliki prahu dayung yang di gunakan untuk menjala ikan di tengah sungai guna dijual lagi dipasar tradisional sumberpucung untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan kemaren (31/01) Tim Blusukan mencoba bercengkrama kepda masyarakat sekitar yang sedang membikin Prahu.

Mas Ju  (32 tahun ) adalah salah satu pembikin prahu menuturkan bahwa ” Saya kesini karena disuruh bikin Prahu oleh warga sini mas terus dia bilang suruh bikin prahu dari Plat Besi  bisa Engak ya saya coba dulu mas tapi ada juga campuran kayunya mas” jawab nya saat di tanya sedang bikin apa oleh tim Blusukan .

Untuk pembikinan Prahu sendiri memakan waktu hingga sebulan dari bahan kayu,akan tetapi untuk pertama kali ini bahan dari lempengan besi mas Ju menuturkan memakan waktu 2 bulan karena di kerjakan cuma 2 orang saja.

Rencananya prahu dari lempengan besi ini juga di gunakan  oleh masyarakat untuk mencari ikan karena yang prahu dayung dari bahan kayu menurutnya gampang sekali rusak karena lapuk dan ngak setabil jika sudah di tengah-tengah sungai.

Untuk ikan sendiri kebanyakan ikan dari jenis Nila, Mujaer, Wader. dan Udang air tawar, beberapa jenis ikan air tawar lainya banyak di jumpai di sungai yang lebar ini. Oleh karena itu banyak juga masyarakat sini yang membikin Karamba-karamba untuk tempat budidaya ikan-ikan tadi sehingga mudah sekali untuk diambilnya.

Kata Kunci :

  • Melihat cara membikin mobil dari kayu
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *