MAEN GAME ATASI STRESS DAN RASA CEMAS

GAME

 Main game di smartphone seharian atau sambil berjalan memang bukan kebiasaan yang baik, dan bahkan bisa membahayakan. Namun baru-baru ini penelitian mengungkap bahwa bermain game di smartphone juga bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan mental.

Sebah penelitian terbaru menemukan bahwa bermain gama di smartphone bisa membantu orang meredakan rasa cemas atau stres. Cara ini bahkan bisa menjadi terapi bagi orang yang memiliki tingkat kecemasan sedang hingga tinggi setiap harinya, seperti dilansir oleh Huffington Post (19/03).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap 75 orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Partisipan diminta untuk memainkan sebuah game d iPod Touch selama 25 sampai 45 menit. Game yang dimainkan tentunya bukan game sembarangan, tetapi game yang disebut attention-bias modification training.

Game tersebut membuat orang yang sedang cemas berfokus pada hal-hal yang santai seperti wajah yang terlihat senang dan membuat mereka mengabaikan hal-hal buruk seperti wajah yang terlihat marah. Latihan ini diketahui bisa menurunkan rasa cemas pada partisipan.

Setelahnya peneliti menemukan bahwa partisipan yang memainkan game tersebut mengalami rasa cemas yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tak memainkan game. Mereka juga menemukan bahwa meski dimainkan dalam waktu singkat, game tersebut mampu menurunkan tingkat kecemasan dan stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *