LIBURAN LEBARAN KALI INI MEMBAWA KELESUAN BAGI PARA PEDAGANG BUNGA

bunga batu

BATU– Banyaknya wisatawan yang membanjiri Kota Batu pada libur Lebaran tahun ini belum membawa dampak pada pedagang bunga. Para pedagang bunga yang berada di sepanjang Jalan Raya Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, tetap sepi pembeli.

Susi, 45, salah satu pedagang bunga mengatakan, sepinya pembeli itu karena wisatawan pergi ke tempat wisata yang lain. Seperti ke Wonderland, Batu Secret Zoo, Museum Anngkut, Jatim Park 1 dan 2, atau Selecta. ”Hingga sekarang pembeli masih sepi. Karena sasaran wisatawan mengajak keluarganya berlibur ke tempat wisata,” ujar Susi.

Karena itu, dia berharap, dengan adanya wisatawan yang tiap tahun datang ke Kota Batu, bisa memberikan andil untuk menambah perekonomian keluarganya, caranya dengan membeli bunga.

Hal sama diutarakan Risa, pedagang bunga lainnya. Menurutnya, kebanyakan wisatawan berkunjung ke tempat wisata buatan dari pada beli bunga.

Meski begitu, menurut Sugiono (juga pedagang bunga), sepinya pelanggan dan pembeli bunga tidak membuat petani bunga galau. Sebab, berbagai cara promosi dan event selalu dimanfaatkan untuk mengenalkan bunga kepada warga dan wisatawan. ”Bisa saja mereka memang tidak tahu lokasi petani dan pedagang bunga. Sehingga, tidak menjadikan bunga sebagai tujuan wisata,” ungkapnya.

Karenanya, dia berharap, pemerintah membantu mempromosikan bunga dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu ini.

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *