PERMINTAAN BAWANG MERAH PER HARI 2,5 TON

bwng

BATU  Sebanyak 2,5 ton bawang merah varietas Filipina masuk ke kota batu  setiap harinya. Bawang merah sebanyak itu berasal dari Kabupaten Pati, Jawa tengah. Upaya mendatangkan bawang merah dari luar kota itu untuk memenuhi permintaan warga Batu dan juga Malang Raya.

”Karena stok bawang merah di petani Batu kian menipis, terpaksa kami datangkan dari Pati Jawa Tengah,” kata Agus Yulianto, Ketua Paguyuban pasar  Sayur di pasar Besar Batu, kemarin (25/11).

Agus mengatakan, bawang merah sebanyak 2,5 ton per hari itu terlalu besar untuk dikonsumsi warga Batu. Sehingga bawang merah itu disebar ke pasar Gadang, Pasar Besar Malang dan Pasar  karang ploso

Agus menjelaskan, banjirnya bawang merah di Kota Batu membuat harga bawang merah kian menurun dalam satu minggu terakhir. Seminggu lalu, harga  bawang merah masih di atas Rp 10 ribu perkilogram. Dan kini harga bawang merah turun hingga Rp 9 ribu perkilogramnya.

Dia meyakini, hukum pasar tetap berlaku.  Selama barang banyak, maka harga merosot. Namun, jika barang tidak ada alias langka, harga bawang merah naik. ”Ya tidak apa-apa turun. Hukum pasar terus berlaku. Nanti naik lagi,” kata pria yang mengeluti bisnis  bawang merah sejak tahun 2000 ini.

 

 

Kata Kunci :

  • bawang merah dari pati
  • Harga bawang merah hari ini 9/9/2016 mlg
  • harga bawang merah hari ini di kota Pati
  • harga brambang perkilo di pati
  • harga emas terbaru di pasar karangploso
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *