KOTA BATU AKAN KELOLA COBAN TALUN

Talun

KOTA BATU– Jumlah kunjungan wisata di Coban Talun saat ini memang tidak sebanyak lima tahun lalu. Sejak ada korban jiwa akibat tertimpa pohon, objek wisata milik Perhutani itu mulai sepi. Dan Pemkot Batu berniat mengembalikan kejayaan objek wisata tersebut.

Kasubag Humas Pemkot Batu Sinal Abidin mengatakan, pemkot memiliki konsep cukup bagus untuk meramaikan Coban Talun. Di antaranya, salah satunya fasilitas untuk wisatawan. ”Sebelumnya pemkot sudah membangun gazebo di sana (Coban Talun), tapi masih saja sepi. Karena itu, ke depan akan lebih banyak fasilitas di sana. Sehingga wisatawan tertarik mengunjungi,”beber Sinal.

Hanya saja, untuk melangkah ke sana, lanjut Sinal, pemkot akan mengajukan konsep tersebut kepada Perhutani sebagai pemilik lahan. Jika disetujui, maka pemkot akan langsung bekerja. Apalagi, potensi Coban Talun sangat besar. Masih bisa dikembangkan menjadi tempat wisata. ”Mudah-mudahan disetujui, karena ini juga untuk kemajuan Kota Batu. Teknisnya seperti apa, nanti akan dibicarakan,”ucap dia.

Untuk diketahui, objek wisata yang berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji itu memang jarang dikunjungi. Hanya hari-hari tertentu saja kawasan tersebut banyak pengunjungnya. Mayoritas dari sekolah yang melakukan kegiatan perkemahan Sabtu malam Minggu (Persami). Kondisi alam Coban Talun sampai saat ini juga masih sangat terjaga. Air di coban Talun pun masih terlihat sangat bagus. Sayang, minimnya publikasi membuat kawasan tersebut sepi pengunjung. ”Kalau bisa dikembangkan menjadi tempat wisata, pasti akan memecah keramaian di Kota Batu. Pemandangannya juga sangat bagus. Sayang kalau tidak dikembangkan,”tandas Sinal

Kata Kunci :

  • cafe coban talun
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *