KONTES DURIAN DI NGANTANG DIADAKAN PEMKAB MALANG

durian

NGANTANG Durian asal Kabupaten Malang tidak kalah dengan durian asal daerah lainnya. Untuk mengenalkan durian Malang, Dinas Pertanian dan Perkebunan menggelar kontes durian unggul lokal di Balai Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang. Ada lima kecamatan yang ikut kontes, Ngantang, Kasembon, Tajinan, Dampit dan Tirtoyudo.

 Ada total 49 peserta yang mendaftar dalam kontes ini. Minimnya peserta, tidak lain karena musim panen yang berbeda. Dari pelaksanaan ini, pihaknya akan mengetahui durian lokal mana yang kualitasnya unggul. Produk itu akan dipasarkan kepada pasaran luas untuk mengangkat potensi durian unggulan Kabupaten Malang. Untuk menyemarakkan kontes ini, disediakan durian gratis hingga lebih 500 buah.

Bupati Malang, H Rendra Kresna, pada kesempatan sama menjelaskan, pemenangan dari lomba ini akan dilakukan seleksi kembali untuk diadu dengan peserta lainnya yang lebih unggul. Tujuannya, untuk mencari kualitas yang bagus. Dari kualitas itu, nantinya akan dikembangkan ke kawasan pertanian yang cocok di Kabupaten Malang.
“Buah ini sangat menjanjikan. Makanya, dalam rangka peningkatan ekonomi, perlu dilakukan terobosan-terobosan seperti sekarang,” terangnya. Dalam kontes itu, ada lima aspek yang dinilai oleh juri, diantaranya, penampilan luar mulai bobot buah, bentuk buah dan warna kulit. Kemudian, penampilan dalam meliputi tekstur daging buah, serat daging hingga warna. Biji atau pongge, pun menjadi bahan penilaian karena menyangkut ketebalan. Selanjutnya, dari rasa yakni tingkat kemanisan dan keunikan bauh durian juga memiliki nilai.

 

Kata Kunci :

  • mintak pin cwok ank surabyA
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *