KHITAN MASSAL DI KOTA BATU

ER sunat

BATU-Bisa jadi ini merupakan rekor sepanjang penyelenggaraan khitan massal  di Kota Batu selama ini. Bagaimana tidak, dari 92 anak yang peserta tiga diantaranya baru berusia tiga tahun, selebihnya duduk di bangku SMP yang kesemuanya Senin kemarin dikhitan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kota wisata ini.
Khitan massal yang dihadiri Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso serta Ketua PKK Dewanto Rumpoko, itu berlangsung di kantor IPHI. ER sapaan akrab Eddy Rumpoko langsung menghampiri semua peserta sembari memberi bonus masing-masing Rp100 ribu disusul Punjul yang juga memberi uang saku Rp50 ribuan.

Anak-anak yang mengenakan kain sarung plus baju koko dengan songkok hitam itupun, terlihat sumringa.
”Ya itu hadiah dari kami untuk anak-anak, karena mereka merasa senang sudah selesai disunat,”kata ER.
Sementara tiga anak usia tiga tahun yang ikut disunat, lebih suka dalam gendongan orangtuanya. Tak ada tangis ataupun rengekan walaupun sempat terlihat tegang.” Ternyata nggak sakit cuman celekit kayak digigit semut,’’aku Alfan peserta berusia tiga tahun atau bayi di bawah lima tahun (Balita).
Ketua IPHI Kota Batu, Hadi Nuratim mengatakan bahwa kegiatan itu selama ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tahun lalu pesertanya lebih banyak yakni 105 anak, dan sekarang menyusut menjadi 92 anak lantaran barengan dengan khitanan massal di lokasi lain.

Pesertanya memang tidak hanya dari kota apel ini saja, melainkan dari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang maupun Kota Malang. Tahun lalu, juga ada peserta dari umat Kristen sebanyak 9 anak.”Ini wujud syukur kami dan kepedulian terhadap generasi muda sekarang, kami melayani semua golongan,”kata Hadi kepada Malang Post.
Sekarang ini jumlah anggota IPHI Kota Batu, lebih dari 5000 orang. ”Kami komitmen untuk membantu sesama, sekaligus mengoptimalkan peran organisasi IPHI agar keberadaannya diterima oleh masyarakat luas,”tandasnya.

 

Kata Kunci :

  • sunat massal di kota wisata tahun 2016
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *