Khasiat dan Kandungan Kangkung

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Siapa sich yang tidak tahu kangkung? Tentu siapapun pernah memakan jenis sayuran hijau ini. Sayuran kangkung merupakan jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat luas terutama masyarakat di pedesaan. Selain harganya yang sangat murah, terjangkau untuk semua kalangan dan mudah untuk di dapat, ternyata kangkung sangat berkhasiat sebagai obat dan pencegah berbagai penyakit.

A. Kandungan Gizi pada Kangkung

 

Kangkung yang mempunyai batang yang menjalar dan sangat cocok tumbuh di perairan seperti sawah, sungai dan sebagainya. Kangkung yang berasal dari negara India ini sudah banyak menyebar di negara-negara Asia, termasuk Negara Indonesia. Manfaat dan kandungan yang ada pada kangkung cukup berkhasiat. Berikut adalah penjelasan manfaat dan kandungan kangkung.

1. Mengandung Zat Besi

Zat besi pada kangkung berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi disini juga berfungsi sebagai pembantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.

2. Memiliki Kandungan Protein

Dalam Kangkung terdapat Protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme tubuh. Tubuh yang tidak seimbang kadar proteinnya akan lebih mudah sakit. Selain itu Protein dalam kangkung sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

3. Vitamin C

Vitamin C bukan hanya ditemukan pada buah jeruk, tetapi dalam sayuran hijau ini juga. Vitamin C ini baik untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan mencegah diabetes. Sangat di perlukan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin c super tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh agar cukup asupan vitamin bagi kesehatan.

4. Lemak

Tak selamanya Lemak itu buruk, selama di konsumsi secara tidak berlebihan. Lemak merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Bagi yang memilki aktifitas yang cukup padat, sangat wajib memilih makanan yang mengandung lemak. Lemak juga sangat berpengaruh untuk pembetukan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh.

5. Vitamin A

Mungkin Vitamin A identik dengan makanan seperti wortel dan tomat. Namun, jangan sangka sayuran hijau ini ternyata juga mengandung Vitamin A. Vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kanker, dan membantu pembentukan sperma, indung telur dan plasenta pada saat hamil. Siapa sangka jika tubuh mengalami kekurangan Vitamin A, akan menyebabkan berkurangnya imunitas pada tubuh.

6. Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat bukan hanya ada pada nasi saja, karbohidrat juga terdapat pada sayuran kangkung. Mungkin sebagain orang menyangka bahwa karbohidrat dapat menyebabkan kegemukan atau diabetes, namun selama mengkonsumsinya dengan seimbang. Karbohidrat berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, sebagai cadangan sumber energi, dan sebagai pelindung protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi. Jika kekurangan karbohidrat memungkinkan akan terkena penyakit hipoglikemia, tentunya akan berbahaya jika tidak ditangani dan melakuka pencegahan dengan tepat.

7. Pembentuk Fosfor

Kangkung mengandung fosfor yang sangat berguna untuk tubuh. Fosfor disini berfungsi untuk membantu untuk kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor disini baik untuk mencegah osteoporosis.

8. Mengandung Serat

kandungan kangkung lainnya yaitu memang mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus, dan ada juga bagi yang sedang berdiet, kangkung sangat cocok dijadikan santapan makan untuk menu sehat. Serat juga dapat membantu dalam pencegahan diabetes dan kolestrol.

9. Kalsium

Ternyata kalsium bukan hanya terdapat pada susu saja. Kalsium juga terdapat dalam sayuran kangkung. Sayuran yang bermuara pada sawah-sawahan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian akan menjadi energi. Jika tubuh kita kekurangan kalsium, maka tubuh kita akan mengalami masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

10. Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks. Vitamin B1 ini baik untuk mecegah katarak, dan membantu kerja otak. Bagi yang memiliki darah rendah, sebaiknya untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin B1 seperti kangkung. Karena, Vitamin B1 mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, Vitamin B1 juga mampu mencegah penuaan.

Setelah mengetahui kandungan yang ada pada sayuran kangkung, Anda harus tahu apa saja khasiat yang ada pada kangkung.

B. Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

 

1. Mencegah Penyakit Sariawan

Kangkung yang berwarna hijau ini, mampu mencegah penyakit sariwan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung Vitamin C, yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika Anda sedang sakit gigi, inilah obatnya, Anda cukup mengunyah daun kangkungnya saja. Daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

2. Sebagai Obat Insomnia (Sulit Tidur)

Kangkung sangat booming sebagai pemicu kantuk. Nah, bagi yang terkena insomnia, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi kangkung. Dengan cara yang mudah, kangkung cukup di tumis layaknya makanan sebagai pelengkap nasi.

3. Mengurangi Nyeri Haid

Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

4. Sebagai Pengontrol Darah

Kangkung juga bermanfaat untuk pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

5. Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktifitas kita. bau mulut sering terjadi pada saat kita berpusa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak perlu khawatir sayuran kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

6. Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Selain sayur katuk, sayur kangkung juga bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena kangkung dapat memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

7. Menjaga Kualitas Otak

Patut untuk diketahui, Kangkung juga mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan Anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak Anak.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A pada kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sekarang ini, banyak sekali yang menderita mata katarak, bukan hanya kaum manula saja, bahkan kaum remaja pun ada. Untuk menjaga kualitas dari kejernihan mata Anda, hanya perlu mengkonsumsi kangkung.

9. Mencegah Penyakit Kolestrol

Mengapa orang Indonesia banyak terkena kolestrol? Karena kebanyakan dari orang Indonesia lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu mengontrol kadar kolestrol kita, seperti kangkung. Kangkung mampu menontrol kolestrol Anda secara alami.

10. Menumbuhkan Rambut

Siapa yang ingin rambut hitam dan lebat? Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak bercabang, tidak rontok. Untuk menjaga kesehatan rambut, sangat diwajibkan unutk mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung. Kangkung dapat menjaga dan menumbuhkan rambut yang rontok secara alami. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *