Keyboard Laptop Sedang Bermasalah? Segera Lakukan 6 Langkah Perbaikannya Berikut Ini

Keyboard Laptop Sedang Bermasalah Segera Lakukan 6 Langkah Perbaikannya Berikut Ini

Keyboard merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengetik file dan melakukan apapun yang bisa dilakukan dengan laptop. Tanpa adanya keyboard atau saat keyboard sedang dalam bermasalah maka keberadaan laptop akan jadi sesuatu yang sia-sia saja. Pasalnya dengan keyboard yang tak berfungsi maka sepertinya tidak ada yang bisa dikerjakan meski laptop menyala.

Nah jika Anda sedang mengalami atau sering mendapati keyboard laptop yang bermasalah maka ada beberapa langkah mudah untuk bisa memperbaikinya. Lalu seperti apakah langkah-langkahnya? Berikut ulasannya.

1. Bersihkan Kotoran di Keyboard Laptop

Langkah mudah pertama untuk bisa memperbaiki keyboard #laptop yang bermasalah adalah dengan membersihkan kotoran-kotoran kecil yang ada di dalamnya. Keyboard yang bermasalah memang bisa jadi disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk ke dalam celah-celah tombol. Jadi kotoran-kotoran yang kecil ini masuk ke celah-celah tombol ini bisa jadi memang bisa menghambat fungsi tombol keyboard Anda.

Kotoran-kotoran kecil ini sendiri bisa saja berasal dari debu atau juga dari sisa-sia makanan yang jatuh ke laptop. Untuk membersihkan kotoran-kotoran kecil ini sendiri Anda bisa memiringkan laptop pada sudut kurang lebih 75 derajat. Saat memiringkan laptop ini Anda juga bisa sambil menggoyang-goyangkan dengan lembut laptop Anda agar kotoran-kotoran yang ada bisa tersingkir.

Setelah melakukan hal ini cobalah mengecek apakah semua tombol sudah bisa berfungsi normal kembali? Jika masih belum maka langkah kedua bisa Anda lakukan dengan cara meniupkan udara pada celah-celah tombol yang bermasalah tersebut.

2. Me-Restart Laptop

Masalah keyboard laptop berikutnya yang bisa terjadi adalah tidak responnya semua tombol. Jika hal ini terjadi maka bisa jadi penyebabnya terletak pada #software atau perangkat lunak dari keyboard driver Anda. Maka saat Anda mengalami hal ini pada keyboard laptop Anda maka cobalah untuk melakukan restart.

Kemungkinan lain Anda juga bisa mematikan laptop sementara dengan mouse lewat tombol Start atau dengan menahan tombol power selama beberapa detik. Setelah laptop mati maka cobalah nyalakan lagi laptopnya. Dari sini bisa jadi masalah tidak berfungsinya semua keyboard laptop akan teratasi.

3. Me-Restore Sistem

Kasus tidak berfungsinya keyboard laptop juga bisa saja terjadi karena Anda telah memasang aplikasi baru atau mengubah pengaturan laptop. Nah saat Anda melakukan dua hal ini dan langsung mendapati keyboard laptop bermasalah maka Anda harus melakukan restore sistem laptop. Untuk melakukan restore sistem ini Anda tinggal klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Berikutnya klik “Back up your computer” yang ada di bawah heading “System and Security”.

Setelah itu klik “Recover system settings or your computer” dan klik “Open System Restore”. Berikutnya, ikuti saja langkah-langkah sederhana yang muncul untuk me-restore laptop Anda. Ketika proses restore telah berhasil, lakukan reboot laptop. Setelah melakukan semua prosedur ini maka bisa jadi keyboard laptop Anda akan kembali normal jika memang masalahnya terletak pada sistem.

4. Perbaiki Keyboard Driver

Keyboard driver yang tidak up-to-date atau keyboard driver Anda terganggu oleh program lainnya juga bisa menyebabkan keyboard yang tidak berfungsi. Namun untuk memastikannya, Anda dapat mengeceknya di “Device Manager”. Caranya buka “Control Panel”, lalu klik “System and Security”. Setelah itu pilih dan klik”Device Manager” yang ada di bawah heading “System”.

Pada Device Manager ini tentunya Anda akan diperlihatkan drivers dari semua perangkat keras di dalam laptop Anda. Dan untuk menemukan keyboard driver laptop,  Anda perlu memilih dan klik “keyboard”. Dari sini jika Anda lantas menemukan segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka itu artinya keyboard driver Anda sedang dalam masalah. Ketika Anda mendapati masalah maka Anda perlu mengakses situs web produsen laptop Anda dan mencari driver terbaru yang Anda perlukan untuk laptop Anda.

5. Bawa ke Tempat Servis

Terakhir, langkah untuk memperbaiki laptop adalah membawanya ke tempat service. Ya, ini memang menjadi langkah akhir dan tak bisa terelakkan bila semua usaha Anda tak membuahkan hasil. Ya dengan membawa laptop Anda ke tempat service maka hal ini akan memudahkan Anda untuk segera mendapatkan kondisi keyboard yang normal kembali. Sebab di tempat service ini akan ada tenaga profesional yang berpengalaman yang akan memperbaiki keyboard laptop Anda dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *