KERJA BAKTI WARGA MEMBUKA COBAN BAONG

coban baong

NGAJUM .Sebulan terakhir, warga Desa Balesari, Kecamatan Ngajum  membuat akses masuk ke Coban Baong. Memang, areal Coban  Baong selama ini masih belum pernah tersentuh oleh warga, kecuali untuk pipanisasi. Ketua Lembaga Kemitraan Desa Pengelolaan Hutan  (LKDPH) Sukin mengatakan Coban Baong yang memiliki ketinggian 71 meter ini, baru mendapatkan izin pelestarian dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) pada Agustus kemarin.

Sebenarnya, kata Sukin, untuk pelestarian hutan dan coban yang masih alami ini sudah ada sejak lama. Namun baru benar-benar bisa melibatkan warga desa sejak 25 Agustus, bulan lalu. ”Tanggal 25 Agustus kemarin, ada ratusan warga yang ikut kerja bakti untuk akses jalan menuju Coban Baong ini,” katanya.

Untuk jarak dari jalan utama Desa Balesari menuju Coban Baong ini mencapai sekitar 600 meter. Saat ini tengah digarap pembuatan akses jalan setapak yang melewati pinggiran hutan. Beberapa lokasi strategis yang layak untuk dijadikan lahan parkiran juga dibabat oleh warga. ”Kalau diukur jumlah keseluruhan yang bakal dijadikan lokasi Wisata Coban Baong sekaligus bumi perkemahan akan menghabiskan sekitar 20 hektar lahan,” ujar Sukin.

Soal pembabatan akses itu, Sukin mengatakan kebanyakan warga Desa Balesari yang membabat pepohonan, menata batu untuk jalan makadam, dan pemerataan tanah agar menjadi lokasi yang indah. ”Kalau hari biasa yang ikut kerja bakti antara 25 hingga 30 orang. Tapi, kalau Minggu bisa mencapai ratusan. Pada Minggu terdapat 126 warga yang ikut kerja bakti,” ujarnya.

Sementara ini, yang ikut terlibat dalam pembangunan coban ini adalah aparat Kecamatan Ngajum. Bahkan, pada pertengahan bulan kemarin, wakil kecamatan dan kepala Desa Balesari ikut kerja bakti. ”Ini menunjukkan kekompakan warga untuk gotong royong demi tercapainya peningkatan Ekonomi warga desa nantinya,” tuturnya.

Edy Purwanto, kepala Resort Pengelolaan Hutan (KRPH) Gendoko menjelaskan pembuatan akses menuju Coban Baong ini sekaligus untuk membuka bumi perkemahan di lokasi Bulu Payung. Di sana ada Pohon  beringin dengan lebar 14 meter itu terdapat lahan datar yang sangat cocok untuk dijadikan bumi perkemahan.

”Perkiraan, pembenahan akses untuk menuju Coban Baong dan bumi perkemahan ini akan selesai pada November. Ini akan dioperasikan pada awal 2015. Saya berharap ya segera rampung. Lebih cepat ya lebh baik,” kata Edy

 

Kata Kunci :

  • dp bbm kerja bakti/ gotong royong
  • dp bbm kerja gotong royong
  • dp mame kerja bakti
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *