KENAIKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI BERBAGAI TEMPAT DI KABUPATEN MALANG

ngilep

Upaya Pemkab Malang menggenjot kunjungan wisata menuai hasil. Pada tahun 2014 lalu, jumlah kunjungan wisata ke wilayah Kabupaten Malang nyaris menembus angka 3 juta pengunjung. Tepatnya 2,9 juta wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mereka tercatat di seluruh tempat wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Perum Jasa Tirta, PD Jasa Yasa, maupun pihak swasta.

Made Arya Wedhantara, Kepala Disbudpar Kabupaten Malang dibandingkan dengan tahun 2013 lalu, kenaikannya sebesar 20 persen. Pada 2013, wisatawan mancanegara tercatat 33.226 orang dan pada 2014 naik menjadi 36.559 wisatawan. Sedangkan pada tahun 2013, wisatawan domestik ada 2.517.248 orang, naik menjadi menjadi 2.868.977 orang pada tahun 2014.  Namun jumlah tersebut untuk bulan Desember 2014 masih belum seluruhnya masuk. Sehingga jumlah itu bisa lebih besar lagi.

Made menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan selama ini untuk mendongkrak kunjungan yaitu dengan menggencarkan promosi. ”Selama 2014, kerap mengadakan event di tempat wisata dan kami juga dorong untuk publikasi wisata kabupaten,” kata Made.

Kenaikan signifikan, menurutnya, ada di berbagai tempat wisata. Di antaranya pantai yang ada di Malang Selatan seperti di Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep. ”Hampir semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Malang mengalami kenaikan jumlah pengunjung,” tandas mantan kadispora ini.

Beragam event yang menarik wisatawan itu di antaranya petik laut di Pantai Sendangbiru, acara gebyar ritual satu Suro di Gunung Kawi, dan upacara Jalanidupa di Pantai Balekambang. ”Selain itu, ada juga acara upacara karo di Ngadas Kecamatan Poncokusomo. Untuk tahun ini (2015), kami akan adakan acara Maulid Nabi di Pantai Ngliyep,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Made, sebagai upaya untuk mendongkrak jumlah wisatawan selain dengan cara publikasi. Untuk tahun 2015, pihaknya mengaku juga akan menggelar berbagai acara. Selain itu, juga akan menggandeng berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan perbaikan fasilitas dan publikasi. ”Kita kolaborasi dengan berbagai SKPD, karena untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Tempat wisata harus mempunyai sarana dan prasana yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Asyari, Direktur Administrasi PD Jasa Yasa mengatakan, untuk tempat wisata yang dikelola PD Jasa Yasa juga mengalami kenaikan. Ada enam tempat wisata yang dikelola PD Jasa Yasa, yakni Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, Wisata Pemandian Metro di Kepanjen, Pemandian Dewi Sri di Pujon, Pemandian Sumberwaras di Lawang, dan Hotel Songgoriti. ”Kalau dari disbudpar naik, maka indikator tersebut salah satunya dari wisata yang dikelola PD Jasa Yasa. Bahkan di beberapa tempat mengalami kenaikan yang tinggi,” kata Asyari.

Seperti di Pantai Balekambang misalnya, pada tahun 2013 ada sekitar 350 ribu pengunjung naik menjadi 500 ribu pengunjung. Dan di Pantai Ngliyep dari sekitar 10 ribu wisatawan naik menjadi 50 ribu wisatawan. ”Hampir semua yang kita tangani mengalami kenaikan dan kami upayakan untuk tahun 2015 juga akan naik lebih tinggi. Sehingga kita mulai bangun dan mempersiapkan fasilitasnya,” tekadnya.

Kata Kunci :

  • data kunjungan wisatawan pantai sendang biru
  • data pengunjung di pantai ngliyep 2015
  • kirab budaya sendang biru 19 nov 2016
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *