KENAIKAN HARGA BAHAN BAKU MOBIL TIDAK TERDAMPAK PADA PENJUALAN MOBIL MURAH

honda

MALANG, Rencana kenaikan harga bahan baku mobil low cost and green car (LCGC) pada bulan ini diprediksi tidak akan berdampak terhadap penjualan mobil murah. Sebab, dengan pasar yang masih cukup luas, penjualan LCGC diperkirakan tetap akan stabil. Meski nantinya akan mengalami penurunan pada awal-awal pengumuman kenaikan.

Owner and Director Honda Sukun Edwin Nugroho menyebutkan, pihaknya juga sudah mendengar rencana yang kini tengah digodok Menteri Perindustrian (Menperin) RI. Menperin sendiri sudah memproyeksi kenaikan LCGC sebesar 6,5 persen hingga 6,7 persen. ”Kami menunggu keputusan pemerintah. Sepertinya (bakal naik) minggu-minggu ini ya. Kami pelajari dulu,” kata Edwin, kemarin (30/9) sore.

Lebih lanjut, Edwin melanjutkan, saat ini untuk mobil LCGC Honda masih mengandalkan varian Brio Satya. Di Sukun, dalam sebulan penjualan Honda Brio Satya yang mencapai sekitar 40 unit menjadi penjualan terbesar kedua setelah Honda Mobilio. ”Begitu naik nanti agak turun dikit (salesnya), setelah itu naik lagi,” tambah dia.

Masih menurut Edwin, pasar LCGC akan menyasar mahasiswa profesional muda, keluarga muda, hingga keluarga yang saat ini sudah memiliki banyak motor dan ingin memiliki mobil pertama.

Menurutnya, mobil LCGC Honda juga masih cukup terjangkau. Untuk mendapatkan Brio Satya, konsumen hanya harus merogoh kocek Rp 100 juta hingga Rp 125 juta. ”LCGC bakal masih laris manis karena pasarnya yang luas. Apalagi kan harganya terjangkau,” lanjut pria yang juga memiliki dua dealer Honda di Solo tersebut.

Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan Menperin 33/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), acuan harga jual off the road yang ditetapkan mencapai Rp 95 juta bisa direvisi jika terjadi perubahan pada indikator ekonomi  seperti inflasi, nilai tukar rupiah, dan kenaikan harga bahan baku.

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *