KEMATIAN JUGA JUGA DISEBABKAN KARENA STRES DAN DEPRESI

GANGGUAN JIWA

Sering merasa stres dan depresi? Jangan anggap remeh atau diabaikan. Gangguan mental juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Penelitian terbaru mengungkap bahwa gangguan mental yang serius bisa mempercepat kematian seseorang hingga tujuh sampai 24 tahun.

“Kami menemukan banyak banyak masalah kesehatan mental yang bisa mengurangi usia seseorang. Jika dibandingkan, kerusakan yang ditimbulkan pada kesehatan fisik hampir sama dengan mengisap 20 batang rokok sehari,” ungkap peneliti Dr Seena Fazel dari University of Oxford, Inggris, seperti dilansir oleh Web MD (23/05).

Hasil ini didapatkan Fazel setelah melakukan pengamatan terhadap 20 penelitian yang mengaitkan antara kesehatan mental dan risiko kematian. Penelitian ini melibatkan 1,7 juta orang dan 250.000 kematian. Peneliti menemukan bahwa kebanyakan penyakit mental bisa mengurangi usia seseorang.

Bagi orang yang terkena schizophrenia, usia mereka bisa berkurang hingga 10 – 20 tahun. Orang yang memiliki kelainan bipolar berkemungkinan meninggal sembilan sampai 20 tahun lebih cepat. Sementara depresi bisa mengurangi usia seseorang hingga tujuh sampai 11 tahun. Orang yang mengalami penyakit masalah mental akibat penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan memiliki kemungkinan hidup yang lebih pendek hingga sembilan sampai 24 tahun.

Meski penelitian ini menemukan bahwa penyakit mental bisa memperpendek usia, namun penelitian ini tak menunjukkan adanya kaitan sebab akibat. Satu hal yang harus diketahui oleh banyak orang adalah bahwa masalah kesehatan mental biasanya mempengaruhi kesehatan fisik seperti memicu penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Hal inilah yang kemungkinan membuat gangguan mental berkaitan dengan kematian dini.

1 Comment

  1. yurtdisi egitim

    June 14, 2014 at 9:22 pm

    ada eglish versi situs ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *