Keindahan Pantai Kuta di Lombok Tengah

keindahan-pantai-kuta-di-lombok-tengah

Tak hanya pantai Bali saja yang identik dengan pantai populer yang bernama Pantai Kuta. Ternyata di Lombok Tengah juga terdapat sebuah pantai yang sama dengan Pantai Kuta, Bali. Keindahan Pantai Kuta di Lombok tengah ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, kemudian terumbu karangnya pun masih terjaga dengan baik. Selain mampu menghadirkan panorama yang indah, Anda dapat dimanjakan dengan pemandangan air laut yang sangat jernih dan garis pantai yang berkelok-kelok.

Jarak Pantai Kuta dari pusat kota Mataram yakni sekitar 72 km. Lokasinya ada di Desa Kuta, Kecamatan Panjut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini juga mempunyai garis pantai yang panjangnya hingga 7 km. Selain itu banyak sekali masyarakat yang mengaitkan pantai ini dengan sebuah legenda dari Putri Mandalika yang dipercayai masyarakat sebagai titisan makhluk laut yaitu nyale(cacing).

Menurut legenda yang saat ini beredar di kalangan masyarakat, Putri Mandalika tersebut berlari hingga menjatuhkan dirinya ke laut saat dikejar-kejar oleh pangeran yang pada saat itu melakukan sayembara untuk memperebutkan dirinya. Kemudian, Putri Mandalika tersebut langsung menjatuhkan dirinya dari atas salah satu bukit yang ada di wilayah pantai. Oleh karena itu, saat ini bukit tersebut diberi nama bukit Mandalika.

Akan tetapi, saat ini bukit-bukit yang ada di sekitar Pantai Kuta tersebut dimanfaatkan untuk melihat panorama indahnya Pantai Kuta dari ketinggian. Karena jika kita melihat pemandangan dari atas bukit, semua pemandangan mulai dari garis pantai yang berkelok-kelok, warna gradasi air laut serta keindahan alam bawah laut akan terlihat sangat jelas sekali.

Jika berkunjung ke Pantai ini pilihlah antara bulan Juni hingga September, karena pada bulan tersebut Pantai Kuta sangat ramai sekali didatangi oleh pengunjung dari Mancanegara. Dengan adanya gulungan ombak yang mencapai hingga 3 meter membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu para wisatawan tersebut juga bisa berselancar atau melakukan snorkeling.

Jika ingin menuju pantai lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, karena belum ada angkutan umum yang menuju Pantai Kuta. Nah, berikut ini adalah rutenya: untuk bisa sampai Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit saja dari pusat kota Mataram. Kemudian, untuk jalur terbaiknya Anda dapat melalui bypassBandara International Lombok, dari bandara kendarai terus kendaraan Anda ke arah timur. Anda hanya perlu memperhatikan papan petunjuk jalan saja pada setiap persimpangan. Namun, jika Anda meragukan petunjuk jalan tersebut, jangan ragu-ragu untuk menanyakan jalannya pada penduduk sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *