JOURNEY TO MALANG : THE BEST HOTELS

hotel malang

Ini pengalaman pertama kami ke Malang, jadi selama 3 malam di sana kami nginep di 3 hotel yang berbeda *niat* hehehe… Mulai dari hotel bintang 1, hotel bintang 3, sampe hotel bintang 5-nya (yang katanya satu-satunya di kotaMalang). Bukannya apa-apa sih, pengennya ya 3 malam itu nginep di hotel yang bintang 5 tapi apa daya kantong tak mengijinkan hwehehehe…

Begini sodara-sodara, sebenernya kepindahan kami ke 3 hotel yang berbeda itu ada ceritanya. Di Hotel Sahid Montana yang berbintang 3.  Lokasinya dekat dengan Kantor Walikota Malang – Sebagai hotel bintang 3, sebenernya hotel ini lumayan juga ya. Kami menginap di kamar superior dengan rate 400,000 IDR (uda diskon tuh), dari segi harga standar lah untuk ukuran bintang 3, agak sedikit mahal malahan kalo menurut gw. Breakfast-nya not bad lah… Paling cuma rawonnya aja yang terlalu berminyak sama tehnya yang kemanisan. Yang gw suka dari hotel ini sih mereka nyediain permen ting-ting jahe free di meja resepsionis –hayah, ga penting banget deh… Tapiiii yang bikin kami pengen pindah dari hotel ini adalaaaah… aer panasnya ga setiap saat ada, cuma di waktu-waktu tertentu, jam 05.00 – 09.00 sama jam 17.00 – 21.00 aja, heloooo…. Malang kan dingin yaaa… Apa kabar kalo kami pulang malam habis jalan-jalan trus pengen mandi!!! Uda gitu yang lebih parah adalaaaah… kran aernya susah ngaturnya, kalo disetel yang panas ehh malah kepanasan, kalo disetel yang dingin malah kedinginan, ga bisa di-blend gitu *tepokjidat* Not so recommended sih menurut kami. So, demi kemaslahatan bersama kami memutuskan untuk pindah hotel.

Nah, karena hari itu kami mau jalan seharian ke Batu maka kami memutuskan untuk pindah ke hotel yang murah aja, wong cuma buat numpang bobok doang. Awalnya kami mampir ke Splendid Inn, letaknya juga di dekat kantorWalikota Malang, di depannya malahan. Splendid Inn ini terkenal sebagai hotelnya para backpacker, harganya cukup murah meriah. Interior hotel dan kamarnya tempo doeloe banget, unik gitu, ranjangnya aja masi pake ranjang kayu hehehe. Tapi sayangnya kamar yang bed-nya single penuh, mosok gw amahubby musti tidur pisah ranjang, kayak lagi berantem aja hihihi. So… kami cari hotel lain. Menuju Jl. Jaksa Agung Suprapto, kami melewati beberapa hotel, tapi kami langsung menuju ke Hotel Mutiara yang berbintang 1. Setelah liet-liet kamar dan memastikan kalo air panasnya tersedia setiap saat plus ga susah ngatur tingkat kepanasannya, kami segera memutuskan untuk menginap semalam di hotel itu, males muter-muter lagi sih… Kami langsung DP aja kamar dengan harga 236,000 IDR –maaf lupa jenis kamarnya. Untuk harga segitu hotel ini cukup nyaman lah, makanannya standar aja, yang jelas ga ada masalah yang cukup berarti ya, wong kami masuk hotel uda malem banget ya, trus check out pagi-pagi banget sekitar jam stengah 7. Yang jelas gw bisa mandi di atas jam setengah 10 setelah seharian jalan di Batu. Cukup recommended lah buat yang mau nginep di hotel dengan budget di bawah 300,000 IDR semalamnya.

Naaah… untuk malam terakhir kami pengen menikmati suasana Malang, so kami pilih menginap di hotel bintang 5 yang katanya cuma satu-satunya diMalang. Namanya Tugu Hotel. Letaknya persis di depan Kantor Walikota Malang, sebelahan dengan Splendid Inn. Kalo diliet di website-nya published rate termurah, untuk kamar Superior Deluxe, itu US$ 105++ Mahal yaaa hehehe… Dengan sedikit mendapatkan diskon dari harga yang pertama ditawarkan (cuma 30ribu maaak diskonnya) kami dapat harga 841,000 IDR, sudah termasuk breakfast, kalo ga termasuk lebih murah ya, kalo ga salah sekitar 750,000 IDR. Tapi harga dengan fasilitas yang diberikan cukup worth itlah yaaa… Kamarnya nyaman bangeeeeet nget nget nget. Di atas bed ada bunga dan kartu yang tertulis nama suami plus sedikit puisi dari management hotel-nya. Trus kami juga dapet welcome drink yang pilihannya kalo ga salah antara teh tradisional, jeruk, sama wedang jahe. Jelas lah kami pilih wedang jahe ya secara Malang itu dingin hehehe. Di dalam kamar, selain compliment berupawater mineral, kami juga dapet buah-buahan *horeee* Sandal hotelnya juga lucu, motif batik gitu, tapi kalo mo dibawa pulang musti bayar 25,000 IDR hehe. Dan yang paling gw suka adalah kamar mandinya. Kamar mandinya itu ada kacanya, yang nembus ke ruangan kamar, cucok banget buat pasangan hehehe, jadi kalo pas mandi tembus pandang gitu deh wkwkwk. Uda gitu complimentperalatan mandinya kemasannya lucu banget, so traditional. Ada hair dryer-nya pulak *senangnya* Selain ituuuu, depan kamar kami itu langsung ke swimming pool. Sayang karena ga kuat sama udara dinginnya, niatan buat berenang keesokan paginya terpaksa diurungkan, daripada masuk angin hehehe.

Breakfast di Tugu Hotel ini selain model buffet juga ada ala carte-nya. Jadi ga ada batasan mo sarapan jam berapa. Plus dijamin kenyang hehehe. Menu buffethari itu antara lain berbagai macam roti (favorit para bule kalo yang ini), nasi pecel, nasi campur, berbagai jenis jenang (jenang sum-sum, jenang mutiara, dll), plus jus buah. Yang sempet gw cicip itu jenangnya plus jus pepaya dan jus semangka. Kalo menu ala carte-nya macem-macem ya, mulai dari masakan Indonesia sampai masakan Barat. Hari itu suami pilih menu sop buntut plus nasi, kalo gw mesen croissant steak with potato wedges. Trus kami juga pesen eggs poached, yang dimasak setengah matang. Rasanya enaaaak… plus kenyaaaang

Oiya, selain kamarnya yang nyaman dan makanannya yang enak, Tugu Hotelini desain interior ruangannya juga unik. Untuk ruang meeting dan dinner-nya mereka punya 3 tema, yaitu India, China, dan satu lagi lupa  Kami sempet liet-liet dan foto-foto sebentar, khas turis lokal yah hehehe… Pokoknya Tugu Hotel ini recommended banget lah yaaa… –yaiyalah, secara harganya juga segitu

Seneng banget kemarin bisa menyambangi Malang yang legendaris itu, meskipun perjalanan kali ini full of drama