JIKA ANDA BERUSIA 40 TAHUN KEATAS HINDARI DAN JAUHI 6 MAKANAN INI

karohidrat

Seseorang berusia berapa pun wajib mengonsumsi makanan bergizi untuk kesehatan. Namun jika Anda berusia lebih dari 40 tahun sebaiknya memilih makanan bernutrisi yang baik untuk tubuh. Hal itu berguna untuk melawan penyakit umum yang kerap menyerang termasuk penyakit jantug dan osteoporosis

Makanan sehat juga membuat Anda semakin berenergi dan terlihat muda. Untuk itu, siapkan diri menjauhi beberapa makanan di bawah ini. Cobalah ganti dengan makanan lainnya yang lebih bernutrisi, seperti yang dilansir dari ehow.com, Selasa (21/6/2016) sebagai berikut:

1. Karbohidrat olahan

Katakan selamat tinggal pada karbohidrat yang sudah diproses atau setidaknya kurangi makanan tersebut untuk menjaga tubuh yang sehat. Salah satu karbohidrat olahan adalah nasi putih.

Karbohidrat olahan cepat dicerna oleh tubuh, sehingga mereka membuat lonjakan gula darah menjadi cepat, sehingga membuat Anda lapar dan lelah. Cobalah ganti dengan mengonsumsi whole-wheat, seperti roti cokelat atau putih yang mengandung 100 persen gandum.

2. Susu berlemak

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah yang berbahaya, menyebabkan penyakit jantung, serta inflamasi kronis yang memicu penuaan sel. Selain itu, susu berlemak juga mengandung gula yang dapat membuat tubuh gemuk. Gantilah dengan susu tanpa lemak atau yogurt bebas gula.

3. Soda diet

Soda diet bersifat sangat asam, yang berarti meminum soda sepanjang hari dapat mengikis enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Karena sifatnya itu, Anda akan mendapat gigi yang lebih kuning dan mengganggu keseimbangan kalsium natural. Coba ganti dengan sparking water, Anda akan tetap puas tanpa adanya zat asam dan tidak akan merusak gigi atau tulang Anda.

4. Sup dengan Sodium penuh

Salah satu nutrisi yang harus Anda hindari setelah usia 40 adalah sodium. Karena garam dapat mengganggu keseimbangan kalsium, menghilangkan kalsium dari jaringan tulang, sehingga dapat mengingkatkan risiko terkena osteoporosis. Coba ganti dengan sup buatan sendiri yang dibuat dari bahan-bahan yang sehat dan tanpa sodium untuk tetap menjaga asupan garam dalam tubuh Anda rendah.

5. Margarin

Lemak trans pada margarin dapat meningkatkan kadar kolestrol Anda lebih dari lemak jenuh. Selain itu secara signifikan dapat meningkatkan risiko berkembangan penyakit jantung dan kanker. Coba ganti dengan mentega kelapa yang biasanya tersedia di toko makanan sehat, atau gunakan minyak kelapa untuk memasak.

6. Daging yang diproses

Saatnya menyingkirkan daging seperti sosis, pepperoni, bacon, dan bacon kalkun, karena daging-daging ini mengandung jumlah yang mengejutkan dari natrium. Mereka juga memiliki lemak jenuh yang tinggi, bahkan mengandung lemak trans. Coba ganti dengan ayam, tuna dan salmon yang mengandung protein dengan kualitas yang tinggi tanpa sodium berbahaya dan lemak trans.

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *