Jangan Salah Pilih, 6 Tips Memilih WiFi Router Terbaik

tips memilih wifi router

Setelah berlangganan koneksi broadband, Anda mungkin memerlukan WiFi router. Router memungkinkan laptop, smartphone dan tablet dengan built-in WiFi untuk terhubung secara nirkabel ke internet dari tempat manapun di rumah Anda.

Memilih WiFi router yang baik akan menjamin pengalaman maksimal dalam berselancar di internet menggunakan koneksi broadband yang Anda miliki.

 

Pertimbangan dalam Memilih WiFi Router

Untuk memilih WiFi router terbaik, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

1. Antena

Ketika Anda tetap ingin mendapatkan akses WiFi dari ruangan lain yang terhalang dinding atau kaca, memilih router yang memiliki satu atau lebih antena eksternal amat direkomendasikan.

Adanya antena mampu meningkatkan jangkauan router secara keseluruhan sehingga Anda dapat mengakses internet dari setiap sudut rumah atau kantor.

Sebagian router memiliki antena internal tapi fitur ini dianggap tidak bisa menyamai kekuatan jangkauan router yang memiliki antena eksternal.

2. Dual-band

Kebanyakan router bekerja pada rentang frekuensi 2.4GHz.

Hanya saja, selain router, peralatan lain seperti oven microwave, telepon tanpa kabel dan perangkat Bluetooth juga beroperasi di frekuensi yang sama sehingga berpotensi memicu gangguan konektivitas.

Untuk menghindari kemungkinan gangguan, Anda harus mempertimbangkan memilih router dual-band yang memungkinkan koneksi pada pita frekuensi melebihi 5GHz.

3. USB Port

Router dengan USB Port memungkinkan Anda memasang flash drive, hard disk dan bahkan printer, sehingga Anda bisa berbagi berbagai sumber daya secara nirkabel melalui jaringan. Beberapa model router juga mendukung dongle USB.

Pastikan memeriksa spesifikasi untuk melihat apa yang didukung router. Tidak semua router dengan USB Port mendukung dongle, juga periksa apakah dongle kompatibel dengan router.

4. Keamanan

Router berbeda menawarkan protokol keamanan yang berbeda seperti WEP, WPA, dan WPA2.

Dari semua jenis protokol keamanan, WPA2 dianggap yang terbaik sehingga sebagian besar router baru menawarkannya.

Jika Anda memiliki anak, pertimbangkan memilih router yang dilengkapi dengan fitur “parental control”.

5. Kecepatan Router

Setiap router memiliki kecepatan berbeda apakah 300 Mbps, 900 Mbps atau 1900 Mbps.

Nilai tersebut merupakan kecepatan yang bisa dicapai di bawah kondisi ideal di laboratorium sehingga ketika router Anda memberikan setengah kecepatan dari kondisi ideal maka itu sudah dianggap baik.

Lagipula, kecepatan internet ditentukan oleh Internet provider sehingga kecepatan router hanya memiliki sedikit hubungan dengan kecepatan internet Anda.

Fakta sebenarnya, kecepatan router lebih banyak berhubungan dalam meningkatkan kinerja jaringan internal ketika Anda melakukan streaming musik dan video, berbagi file, dan sebagainya.

6. 802.11n atau 802.11ac

Ini adalah istilah umum lain yang berkaitan dengan WiFi router yang berhubungan dengan standar jaringan nirkabel yang disepakati oleh WiFi Alliance.

802.11ac merupakan standar terbaru tetapi di kebanyakan kasus masih dalam tahap pengembangan.

80211n merupakan standar saat ini yang digunakan di jaringan nirkabel sampai versi 802.11ac sepenuhnya siap dirilis.

Kata Kunci :

  • memilih wifi router tp link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *