Inilah 5 Emulator Android Terbaik Untuk PC dan Laptop, Cobalah!

emulator-android

Menggunakan Operating System (OS) Android memang mengharuskan Anda memiliki perangkat smartphone (ponsel pintar). Namun keberadaan smartphone yang nilainya masih tinggi membuat beberapa orang tidak mampu membeli erangkat ponsel pintar ini. Akhirnya mereka yang tidak bisa membeli smartphone Android ini tak bisa memainkan berbagai aplikasi yang ada.

Namun saat ini bila Anda tidak bisa mempunyai ponsel pintar Android, keinginan Anda untuk memainkan beragam aplikasi di smartphone Android bisa terwujud. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan emulator. Emulator, apa itu emulator? Emulator adalah sebuah software atau perangkat lunak yang merupakan program untuk meng emulasi aplikasi maupun game agar bisa berjalan dan dimainkan pada sistem operasi lain.

1. “BlueStacks” Android Emulator (Untuk Windows 7, 8, 8.1 Touch Dan Mac)

Emulator Android terbaik pertama utnuk PC dan laptop adalah BlueStacks Android Emulator. Softwrae BlueStacks installer ini sendiri dapat didownload dari sebuah situs resmi BlueStacks secara gratis. Selain tersedia untuk perangkat PC atau laptop Windows, software ini juga tersedia pada perangkat Mac.

Ketika sudah terinstall di PC Anda, software ini akan mampu secara otomatis mencari aplikasi Android yang Anda inginkan melalui kotak pencarian dan menginstalnya langsung ke BlueStacks. Setelah aplikasi Android terinstall di BlueStacks maka Anda sudah bisa membuka aplikasinya dan memainkannya.

2. “YouWave” Android Emulator (Untuk Windows 7, 8, 8.1 touch)

Berikutnya, emulator Android terbaik yang bisa Anda gunakan dan terapkan ke perangkat PC atau laptop adalah YouWave. Jika digambarkan maka emulator YouWave ini adalah kombinasi antara dua emulator yaitu BlueStacks dalam modul antarmuka dan juga emulator Android asli. Emulator YouWave sendiri bisa Anda dapatkan secara gratis namun hanya bisa dimainkan pada Windows 7, 8, 8.1.

Dalam karakteristiknya, YouWave sendiri mempunyai dua bagian yaitu yang kanan bagian potret layar smartphone dan bagian kiri menampilkan aplikasi yang sudah terinstal. Untuk memainkan aplikasi Android yang sudah terinstal, pengguna hanya perlu memilih dan klik App. Dengan cara inilah maka aplikasi akan bisa dimainkan dan bekerja.

3. Jar Of Beans Emulator (Untuk Windows 7, 8, 8.1 Touch)

Software emulator Androd terbaik sekanjutnya ialah Jar of Beans Emulator. Emulator yang dikembangkan pada OS Android Jelly Bean ini bekerja sangat baik dengan resolusi kualitas tinggi. Untuk mengunduh software emulator Jar Of Beans ini Anda dapatmengunjungi situs resmi jar of beans dan mengunduhnya.

Setelah mendownload, Anda bisa langsung menginstalnya di PC atau laptop Anda. Setelah terinstal, pengguna perlu mengunduh apks kemudian menginstal di Jar Of Beans emulator. Setelah semua proses komplit dilakukan maka Jar Of Beans bisa langsung dijalankan untuk membuka aplikasi.

Tampilan antarmuka dari emulator jar of beans sendiri cukup sederhana dan user friendly. Emulator yang kinerjanya tinggi ini sendiri tersedia untuk semua windows platform IE: Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 Touch.

4. “NATIVE” Android Emulator (Untuk Windows 7, 8, 8.1 touch)

Dengan emulator yang satu ini maka Anda akan mendapatkan tampilan antarmuka yang sederhana. Emulator yang hadir dengan Android Development Kit Google ini sendiri umumnya digunakan oleh para pengembang aplikasi Android kebanyakan.

Namun karena emulator Native Android ini digunakan untuk menguji versi beta dari aplikasi, maka untuk menemukan versi lengkapnya akan sulit dan kalau pun ada beberapa aplikasi yang ada nantinya akan bermasalah karena dapat bervariasi dalam ukuran dan kompatibilitas.

5. “GenyMotion” Android Emulator (Untuk Windows 7, 8, 8.1 Touch)

Terakhir, emulator Android terbaik adalah GenyMotion. GenyMotion sendiri merupakan versi upgrade dari mantan VM Android. Dengan bekerja sama dengan Native Android Emulator, maka beberapa fitur di GenyMotion bisa menjadikan aplikasi bekerja jauh lebih baik. GenyMotion sendiri kemudian bisa ditingkatkan dengan kapasitas penggunaan prosesor dan kinerja mutu terpadu.

Kata Kunci :

  • Jar Of Beans Emulator (Untuk Windows 7 8 8 1 Touch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *