HIDUP SEHAT ITU PENTING BAGAIMANA CARANYA…?

alami
Tips Menjaga Kesehatan secara Alami cukup mudah dibiasakan sehari-hari. Setiap orang tentu ingin hidup sehat sambil melakukan kegiatan harian bersama orang-orang tercinta. Hidup sehat mulai dari diri  sendiri, seberapa hebat pun anda sebagai individu atau pemimpin apabila tidak dapat memimpin tubuh sendiri, maka anda belum layak dikatakan sebagai pemimpin. Oleh karena itu melindungi kesehatan tubuh adalah prioritas utama. Berikut sejumlah tips praktis melaksanakan gaya hidup sehat :
1. Perbanyak Minum Air Putih
Pola hidup sehat ini memang sedikit susah untuk dijalankan sebab tidak sedikit orang enggan minum air putih yang tidak mempunyai rasa. Ingatlah bahwa air putih adalah minuman paling baik dari semua minuman yang kita kenal. lakukan kebiasaan minum air putih sekurang-kurangnya 6-8 gelas setiap hari untuk melindungi kesehatan ginjal dan saluran kemih. anda bisa juga memberikan perasan air jeruk untuk membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh.
2. Kebersihan 
Kebersihan sangat mutlak dalam mewujudkan hidup sehat, misalkan dari mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan area kamar mandi, menggosok gigi sewaktu bangun dan sebelum tidur, hingga merapikan kamar tidur. Kebersihan rumah secara keseluruhan selalu dapat menjadi ukuran karakter pemilik tempat tinggal tersebut dan jika semua ruangan kotor maka dapat diartikan bagaimana pemilik rumahnya.
3. Hirup Udara segar
Dengan menghirup udara segar berarti anda melindungi kesehatan paru-paru. Kita tak perlu pergi ke pegunungan atau tempat pedesaan hanya untuk memperoleh udara bersih. Pola hidup sehat semacam ini dapat anda lakukan setiap pagi dan berusaha terhindar dari udara tercemar seperti asap rokok. Selain  itu, kita juga harus memperhatikan kebersihan perabot rumah misalkan kipas angin, Ac dan lain-lain.
4. Olahraga
Janganlah terlampau berkonsentrasi pada pekerjaan anda. Sempatkan waktu sejenak buat refreshing / penyegaran dan olahraga. Karena di samping melatih otot juga dapat mengurangi kepenatan dan terhindar dari stress. Pola hidup sehat dengan berolahraga sangat efektif  bagi semua kelompok umur.
5. Perbanyak serat sewaktu sarapan 
Serat yang cukup saat sarapan pagi membikin perut kenyang sampai waktu makan siang tiba. Tips ini dapat diakali dengan menyantap sereal atau oatmeal dipadukan potongan buah seperti pisang dan strawberry. Jika sereal tidak tersedia, roti mungkin sebagai penggantinya. Pilihlah roti yang terbuat dari tepung gandum dan disajikan bersama selai kacang atau selai buah.
6. Makanlah buah-buahan segar
Tahukah anda saat terbaik mengkonsumsi buah-buahan yaitu ketika sedang makan menu utama atau sebelum makan. Apabila kita mengambil buah-buahan setelah makan maka energi yang berasal dari buah menjadi percuma, tersimpan dalam tubuh dan tidak terpakai.
7. Menghidangkan kacang-kacangan
Semua jenis kacang (almond, kacang tanah, dan kenari) merupakan sumber asam lemak omega 3. Zat asam lemak omega 3 ialah nutrisi lemak baik yang diperlukan tubuh. Di samping itu, asam lemak juga dapat membuat rambut, kulit, dan kuku selalu sehat.
8. Tidur / Istirahat
Istirahat adalah soal memulihan kesegaran tubuh dengan relaksasi atau tidur. Setiap orang mesti mengatur waktu untuk istirahat. Cobalah anda ingat-ingat bila orang mengalami sakit maka tentu memerlukan cukup istirahat, jika tidak bagaimana ? penyakitnya dapat kambuh lagi. Dengan begitu istirahat wajib bagi kesehatan kita.
9. Kurangi Minuman memiliki kandungan Gula
Usahakan mengurangi minuman yang memiliki kandungan gula karena gula dapat mempercepat dampak penuaan, obesitas umumnya menyebabkan penimbunan lemak di lever. Lebih baik gunakan pemanis alami seperti gula aren daripada gula pasir.
10. Batasi makanan berminyak seperti gorengan 
Kurangi terlampau banyak mengkonsumsi makanan gorengan dan membatasi nutrisi yang memiliki kandungan protein lemak tinggi serta jeroan.
11. Mewujudkan Lingkungan yang sehat 
Pola hidup dapat dibentuk oleh lingkungan sekitar. jika anda ingin mengubah pola hidup mesti diawali dari lingkungan sehari-hari. Sebagaiman halnya bermakna seseorang senantiasa sehat dengan mempunyai banyak rekan / tetangga yang mau berkomitmen membiasakan hidup sehat.
12. Mengubah pola Pikir
Perkara yang sangat mendasar mempunyai gaya hidup sehat dan mengubah pola pikir untuk serius mencanangkan hidup sehat. Disiplin ketat menerapkan prinsip membiasakan pola hidup sehat pada prakteknya dalam keseharian seperti agama.  Mengenal dan berkomunikasi dengan orang atau sosok yang betul-betul dapat dijadikan teladan dalam menyadarkan pentingnya hidup sehat.
13. Berpikir Positif serta Menghindarkan diri dari Stress
Senantiasa berpikir positif dapat membuat anda bahagia serta mewujudkan kesehatan rohani yang terjaga. Berpikirlah ke depan, bersikap optimis dan tidak lupa bersyukur atas nikmat dari tuhan. Sambutlah hari esok yang lebih cerah.
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *