HARI ANAK NASIONAL ( HAN ) DI IKUTI 7500 ANAK

TK bermain

BATU-  Hari Anak Nasional (HAN) yang berlangsung di Taman Wisata Selecta, Senin kemarin diikuti sekitar 7500 anak dari berbagai sekolah. Siswa-siswa pun serentak melakukan senam bersama, sebagai pembuka kegiatan yang dihadiri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko bersama istri, Dewanti Rumpoko, Wawali, Kejari, Kapolres, Ketua BNN, Ketua MUI, anggota dewan serta pimpinan SKPD.

Dalam peringatan HAN itu, juga dilakukan pelantikan Mahkota Anak, dan penandatangan komitmen pemerintah dalam mewujudkan Kota Batu menjadi Kota Layak Anak (KLA) di tahun 2015.  Menurut  Eddy Rumpoko, tahun depan target kota ini menjadi KLA. Karena itu mulai saat ini segala persiapan haruslah ditata.
”Setiap kecamatan harus mampu membangun tempat bermain untuk anak-anak, sampai di setiap desa/kelurahan juga harus ada tempat bermain,”jelas ER sapaan akrabnya.
Di sekolah pun, tambah dia, juga harus tersedia tempat bermain dan belajar. Apalagi Kota Batu sangat banyak tempat wisata, yang sekaligus bisa menjadi arena belajar bagi anak-anak. Selain itu pendidikan anak-anak di PAUD harus terus ditingkatkan.

Sedangkan guru-guru mengawasi dan membimbing secara baik bagi anak didiknya.
”Yang jelas Kota Batu sudah layak menjadi KLA, tinggal beberapa hal perlu dipersiapkan secara matang termasuk Perda KLA yang kini sudah dilakukan pembahasan,”jelasnya

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana dan Perempuan (BPMKBP), Abu Sufyan menegaskan bahwa komitmen KLA itu sudah tertuang dalam 31 indikator. Dari jumlah itu diklaster menjadi beberapa poin, diantaranya menyiapkan infrastruktur dan Perda.
Saat ini, pihaknya pun telah membentuk forum anak mulai tingkatan desa hingga kota. Kedepan akan diupayakan forum anak di setiap RT/RW.”Pemerintah provinsi menilai bahwa Kota Batu sudah layak menjadi KLA, dengan alasan memiliki obyek wisata,”terang mantan Kepala Dispendukcapil ini

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *