HARGA SEMBAKO DI KOTA MALANG MULAI MERANGKAK NAIK

hrg naik

MALANG – Menjelang bulan Ramadan, beberapa harga barang kebutuhan rumah tangga, seperti sembilan bahan pokok (sembako) mulai naik. Kenaikan harga sembako ini, terjadi hampir di seluruh pasar yang ada di Malang Raya. Di Pasar Besar Kota Malang dan Kepanjen, harga telur dan bawang putih mengalami kenaikan Rp 2.000 sampai Rp 3.000.

Harga telur yang semula berkisar Rp 13 ribu sampai Rp 14 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu per kg.  “Kenaikan harga telur ini sudah terjadi sejak awal bulan Mei lalu. Itu karena musim pembuatan kue dan  telur banyak diambil oleh perusahaan kue, sehingga pengiriman telur ke pedagang terlambat dan berkurang,” tutur Siti Fatimah, salah satu agen sembako di Pasar Kepanjen.
Sedangkan untuk harga bawang putih, kemarin mulai mengalami kenaikan menjadi Rp 12 ribu per kg. Padahal sehari sebelumnya harga bawang putih masih Rp 8.000 sampai Rp 9.000 per kg. Kenaikan harga bawang putih ini, dikarenakan pasokan stok bawang putih di pasaran mulai menipis dan langka.

Sementara bawang merah di pasar tradisional mulai melonjak hingga Rp 20 ribu per kg setelah cukup lama bertahan dengan harga di bawah Rp 15 ribu per kg.
“Biasa, jelang Ramadan pasti ada kenaikan. Tetapi ini terasa lebih cepat, padahal masih sebulan lagi mulai puasa. Ada beberapa hal yang mempengaruhi, paling utama suplai sedikit,” ujar Pedagang Pasar Besar Malang, Ida.
Menurut dia, harga bawang merah dan bawang putih yang mengalami kenaikan dan berefek pada minat pembeli. Dia menyebutkan, untuk harga bawang merah naik di atas 50 persen. Sebab, pekan lalu harganya masih di kisaran Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per kg.
“Tiga hari ini naik terus, sehari Rp 2000 per kg,” tegas perempuan berkerudung tersebut.

Dia mengungkapkan, untuk kenaikan harga bawang merah ini dikarenakan suplai yang mulai berkurang. Saat ini, yang beredar di pasaran merupakan bawang merah Probolinggo. Sementara untuk daerah lain seperti Batu dan Brebes masih belum memasuki masa panen.
Menurutnya, harga dua bumbu dapur ini masih bisa lebih tinggi lagi. Untuk bawang merah, sembari menunggu masa panen, bisa mencapai Rp 30 ribu per kg. “Jika suplai belum normal pasti harga masih terus naik,” tambahnya dia.
Terpisah, Divisi Manager Fresh Product Hypermart Malang, Budi Errianto mengakui bila sudah ada pemberitahuan akan adanya kenaikan harga. Untuk saat ini, beberapa kebutuhan bahan pokok memang sudang naik, namun belum begitu besar.
“Di Hypermart, update kenaikan harga paling cepat kan seminggu sekali. Untuk sekarang masih menggunakan harga awal pekan lalu,” terang dia.
Akan tetapi, harga telur ayam ras juga sudah naik menjadi Rp 18.500 per kg. Harga ini naik Rp 2000 ketimbang dua pekan lalu yang masih berada pada harga Rp 16.500 per kg. Malahan, harga telur ini dipastikan naik lagi pekan depan. “Masih akan naik lagi pada update harga selanjutnya,” imbuh pria yang akrab disapa Didik ini.

Sementara, harga bawang merah di pasar modern tersebut kini telah mencapai Rp 28.900 per kg dan harga bawang putih Rp 13.400 per kg. Menurutnya, harga terbaru juga lebih tinggi, tergantung yang diperoleh dari supplier.
Dikonfirmasi di tempat terpisah, Pedagang di Pasar Tumpang, Wiwit Fitria menjelaskan, mayoritas harga sembako memang mengalami kenaikan, namun khusus beras, kecenderungannya relative stabil bahkan sempat mengalami penurunan kendati sedikit.

“Rata-rata untuk beras, sekarang ini mengalami penurunan harga. Tapi, saat akan puasa biasanya naik kembali sampai Rp 1000 per kilogramnya,” paparnya.
Tak hanya sembako yang mengalami kenaikan, di Batu, kenaikan juga terlihat pada komoditas buah-buahan. Ismiati, pedagang buah di Kota Batu mengatakan,  harga buah-buahan seperti blewah juga mengalami kenaikan. Semula harganya Rp 4000 menjadi Rp 6000, Melon dari Rp 5000  menjadi Rp 8000, dan semangka dari Rp 6000 menjadi Rp 8000.

Ia Ismiati mengungkapkan, kenaikan harga buah-buahan ini tidak lain karena meningkatnya permintaan masyarakat. Selain cuaca yang panas juga diakibatkan bulan puasa identik dengan buah-buahan.
”Sudah mengalami kenaikan, dan kami yakin pasti mendekati puasa harganya merangkak naik terus. Dan kami sikapi dengan cara mengurangi jualan, sehingga tidak mengalami rugi lantaran sepi dari pembeli,”akunya dengan lesu

 

Kata Kunci :

  • distributor sembako di malang raya
  • cara menjadi distributor sembako kota malamg
  • distributor sembako kota malang
  • grosr sembako murah di malang
  • harga bahan pokok mlng tumpang
  • pusat kulaan sembako
  • tempat kulakan sembako murah di malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *