HARGA HEWAN KURBAN NAIK 20 % DI MALANG

DSCF2448

MALANG,(23/09) Menjelang  Hari Idul Adha kali ini atau besok (Kamis 24/09) di Malang raya semua harga hewan ternak kurban mengalami kenaikan di bandingkan dari tahun kemaren. Ini di sebabkan karena musim kemarau dan sulitnya cari makan rumput  dan minum  hewan kurban baik kambing dan sapi.

Hal ini di sampaikan pak Kayin (56thn) asal desa Wagir kabupaten Malang yang berjualan di wilayah jalan dewan daru kota Malang ke pada tim Blusukan . “Iya mas cari makan rumput buat kambing susah semua pada kering Saya aja sampai membawa rumput dari desa sebagai cadangan makan,begitu juga soal air sama susahnya.” Hal ini yang menyebabkan harga hewan kurban tahun ini meningkat hingga 20 % dari tahun lalu.

Penuturan yang sama juga di sampaikan pedagang lain Gozali (35Thn) juga sama asal wagir “Musimnya kemarau mas jadi dimana-mana rumput kering jadi kami menaikan harga hewan kurban tahu ini. “ jelasnya lebih lanjut.

Menurut pantauan dari tim Blusukan   para pedagang hewan kurban kali ini berjualan lebih marak /menjamur  di kota Malang seminggu sebelum hari raya Kurban Idul Adha.Ini untuk mengatisipasi cadangan makanan rumput dan air yang Cuma sedikit,jika di paksakan seperti tahun lalu yang sudah ada dan menjamur dimana-mana di kota Malang sekitar  20 hari sebelum hari raya Idul Adha  maka dapat di pastikan hewan kurban pasti menderita kelaparan dan kehausan.

Pak Kayin dan pak Gozali juga menuturkan bahwa mereka mendapat keuntungan yang meningkat di tahu ini di bandingkan tahun lalu sebesar 20%.”Lumayan lha mas penghasilannya di banding tahun lalu ada peningkatan di tahun ini harga kambing di kami ada yang 1,7 juta sampai 3,1 juta tergantung besar kecilnya kambing tadi.” Tuturnya kepada tim Blusukan

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *