GUA MEGAH KISKENDO DI KOTA KENDAL

Gua-Megah-Kiskendo

 

Berbicara tentang tempat-tempat wisata yang indah di Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Jika Anda kebetulan sedang berada ataupun memang berdomisili di kota Semarang, kini Anda bisa mampir sejenak di kabupaten Kendal. Mengapa? Karena di sana terdapat sebuah gua yang sangat megah yang dikenal dengan sebutan Gua Kiskendo. Gua Megah Kiskendo ini masih alami dan terdapat sungai yang mengalir.

Gua Kiskendo yang berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata Anda. Satu hal yang dapat Anda jadikan kelebihan dari tempat ini adalah gua ini belum banyak diketahui orang banyak dan masih alami. Gua ini terbentuk akibat adanya tetesan air yang mengalir ke bawah yang berlangsung selama berabad-abad lamanya. Dan pastinya Anda akan menemukan batu-batuan gunung yaitu stalagtit dan stagnit.

Jika Anda berniat untuk berkunjung ke Gua Kiskendo lokasi secara detailnya berada di Desa Trayu, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Gua ini terlihat sangat megah dengan mulut gua yang terlihat sangat besar serta kondisi di sekitarnya yang juga masih sejuk. Untuk bisa sampai pada Gua Kiskendo tersebut, pengunjung bisa menempuhnya dengan sepeda motor atau kendaraan pribadi selama 1 setengah jam dari pusat kota Semarang. Tenang saja jika Anda merasa sangat lelah di perjalanan, rasa lelah Anda akan terbayar karena Anda bisa melihat samping kanan dan kiri dengan disuguhkan pemandangan yang sangat indah sekali.

Kemudian apabila Anda sudah sampai di daerah Boja, Anda akan melalui perkebunan karet serta kondisi pedesaan yang sangat tenang dan asri. Sedangkan untuk letak gua berada pada dataran yang sangat tinggi, membuat wisatawan merasa sangat senang saat pergi menuju gua ini. Ketika Anda memasuki kawasan Gua Kiskendo, Anda akan dihadapkan pada situasi yang sangat sunyi dan terkesan agak misterius. Tak hanya gua utama berukuran besar saja yang disuguhkan, namun terdapat juga gua-gua berukuran kecil. Gua-gua kecil tersebut diantaranya adalah Gua Lawang, Gua Pertapaan, Gua Tulangan, Gua Kempul dan Gua Kampret. Bahkan beberapa bagian gua bisa dimanfaatkan sebagai tempat olahraga panjat tebing. Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu gua ini ramai dikunjungi oleh para remaja muda mudi.

Namun sangat disayangkan belum ada pihak yang mengelola tempat ini dengan baik dan tertata. Sebenarnya jika dikelola dengan baik, gua ini dapat menjadi salah satu tempat wisata yang tidak kalah saing dengan tempat-tempat wisata khususnya wisata gua lainnya yang ada di Indonesia.

Kata Kunci :

  • gua kampret di boja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *