Elang Gumilang ~ Pebisnis Muda Pelopor Bisnis Properti Sederhana

Elang-Gumilang-Pebisnis-Muda-Mempelopori-Bisnis-Properti

Elang Gumilang adalah sosok yang sangat populer dalam dunia #bisnis properti. Terlahir di keluarga yang berkecukupan tak membuat Elang menjadi pribadi yang senang bermanja-manja pada orang tua. Sejak kecil ia sudah bercita-cita untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Jiwa usahanya mulai terasah saat ia masih duduk di bangku SMA. Kala itu Elang memiliki target untuk mengumpulkan uang sejumlah 10 juta rupiah untuk membiayai kuliahnya. Bukan karena orang tuanya tak mampu dan tak mau membiayai kuliahnya, namun hal itu semata-mata ia lakukan untuk menunjukkan rasa mandiri dan tanggung jawab sebagai seorang anak.

Untuk mencapai target jangka pendeknya, Elang menjajakan kue donat di sekolah dasar kawasan Bogor tanpa sepengetahuan orang tuanya. Ketika bisnis kecil-kecilannya diketahui oleh sang orang tua, Elang pun diminta berhenti untuk berjualan agar lebih berkonsentrasi dalam menghadapi UN.

Semangat dan Jiwa Bisnis di Bangku Kuliah

Setelah berhenti berjualan kue donat, Elang tak lantas kehabisan ide untuk mendapatkan uang. Ia lalu mengikuti beberapa perlombaan seperti Java Economic Competition tingkat pulau Jawa dan Kompetisi Ekonomi yang diadakan oleh Universitas Indonesia. Setelah berhasil memenangkan perlombaan tersebut, Elang pun berhasil mengumpulkan uang untuk membiayai sendiri kuliahnya. Ia berhasil meraih prestasi yang memuaskan dan masuk ke Institut Pertanian Bogor jurusan ekonomi tanpa melalui tahapan tes.

Di bangku kuliah, Elang kembali mengasah jiwa dan minat bisnisnya dengan membuka bisnis sepatu. Dengan modal sebesar 1 juta rupiah, Elang kemudian mengambil pasokan sepatu dari salah satu supplier terpercaya dan mulai menjualnya di lingkungan kampus. Bisnis tersebut ternyata tak berjalan mulus setelah 3 tahun ditekuni, karena supplier sepatu tersebut menurunkan kualitas sepatu buatannya dengan alasan penghematan modal produksi.

Elang tak lantas patah semangat. Suatu kali ia tertegun melihat lampu-lampu yang redup dan nyaris mati di kawasan kampusnya. Ia pun menemukan ide cemerlang untuk memulai bisnis pengadaan lampu. Elang lantas berusaha menjalin kerjasama dengan mengirimkan proposal permohonan pada salah satu perusahaan lampu terbesar di Indonesia. Gayung bersambut, akhirnya perusahaan tersebut menyetujui kerjasama yang ditawarkan Elang.

Dalam sekali penjualan produk lampu, Elang dapat meraup untung senilai 15 juta rupiah. Namun Elang tetap tidak berpuas diri. Karena bisnis pengadaan lampu tersebut merupakan bisnis yang perputarannya lambat, Elang lantas beralih ke bisnis penjualan minyak goreng. Ia tak segan-segan untuk menjajakan produknya tersebut dari kampung ke kampung. Karena bisnis minyak goreng yang dijalankannya cukup menguras waktu dan tenaga, maka Elang memutuskan untuk menyudahi bisnis tersebut.

Bisnis Properti adalah Awal Kesuksesan dan Niat Hati

Saat masih duduk di bangku kuliah, Elang tergolong sebagai orang yang mapan. Ia bahkan sudah mampu memiliki rumah dan mobil dari hasil keringatnya sendiri. Meski demikian, Elang masih terus mencari-cari suatu kekurangan yang terpikirkan olehnya. Ia berfikir di usianya yang tergolong masih sangat muda, ia yakin masih bisa berkarya lebih luas lagi.

Akhirnya ia mendapatkan petunjuk dari Tuhan untuk terjun ke bisnis properti. Ya, bisnis properti. Awal mula Elang berkenalan dengan bisnis property adalah pada waktu melihat potensi makin menanjaknya nilai banguan / property di sebuah daerah. Terlebih pada waktu itu daerahnya merupakan salah satu dengan potensi pembangunan properti perumahan yang amat baik.

Melalui pengadaan objek-objek properti dengan harga terjangkau dan angsuran yang ringan, ia dapat berbisnis sekaligus membantu orang-orang dari kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan lahan tempat tinggal. Pria kelahiran 6 April 1985 ini mulai merintis bisnis properti dengan mendirikan kompleks perumahan sederhana dengan harga terjangkau. Untuk menekan biaya pengeluaran, Elang mengiklankan bisnis propertinya tersebut di surat kabar lokal.

Kebutuhan tempat tinggal pada masyarakat kalangan menengah ke bawah akhirnya membuat bisnis perumahan yang dirintis Elang langsung ludes terjual. Meskipun dipasarkan dengan harga yang terjangkau, Elang telah menyiapkan sejumlah fasilitas umum yang lengkap seperti akses kendaraan umum, klinik 24 jam, lapangan olahraga serta lokasi yang dekat dengan sekolah dan tempat ibadah.

Saat ini dibawah bendera perusahaan Elang Group (www.elanggroup.co.id), Elang Gumilang masih terus merintis bisnis perumahan dan properti di kawasan yang strategis dengan penentuan harga yang sesuai dengan target pasar. Atas dedikasi dan ketekunannya, Elang pernah mendapatkan penghargaan Wirausaha Muda Mandiri dan Indonesia’s Top Young Entrepreneur pada tahun 2007-2008.

Selain terus berupaya mengembangkan bisnis properti murah, Elang juga ingin mewujudkan cita-cita mulianya untuk membuat perusahaan yang dapat mempekerjakan lebih dari 100.000 orang SDM. Hal tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan taraf ekonomi di Indonesia.

“Do something today that your future self will thank you for.” – business quote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *