EFEK YANG AKAN TERJADI JIKA KITA MENYINDIR ORANG DENGAN KATA GEMUK

gendut

Mungkin Anda pernah mengatakan pada saudara, teman atau orang lain yang dikenal bahwa tubuhnya gemuk.

Tahukan Anda bahwa ungkapan tersebut bisa berdampak lho bagi yang bersangkutan. Sebuah studi terkini menyebutkan bahwa memberi tahu seseorang bahwa dirinya gemuk akan membuatnya makan lebih banyak sehingga berat badannya akan semakin bertambah.

Ini bisa terjadi mungkin karena stres yang disebabkan oleh kesadaran bahwa bentuk tubuhnya yang tidak seimbang malah akan memicu hal-hal yang membuat seseorang berhenti mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Psikolog menemukan bahwa percaya kalau Anda gemuk adalah sesuatu yang kontra-produktif. Mereka menyarankan agar orang-orang yang tidak sadar bahwa dirinya gemuk, tidak perlu diberi tahu kalau mereka sebenarnya kelebihan berat badan.

Sementara itu Dr Eric Robinson, dari Universitas Liverpool, mengatakan: “Menyadari kalau Anda kelebihan berat badan cenderung akan membuat stress dan membuat pilihan-pilihan sehat dalam gaya hidup Anda jadi lebih sulit. Ini adalah penemuan yang sulit bagi pekerjaan intervensi kesehatan masyarakat.”

Penelitian mengikuti kehidupan 14.000 orang di Inggris dan Amerika Serikat sejak kecil hingga 45 tahun.

Mereka menemukan mereka yang diidentifikasi sebagai orang gemuk dilaporkan cenderung lebih banyak makan sebagai reaksi atas stres yang mengarah pada kenaikan berat badan lagi.

Jadi, kalau Anda bertemu dengan saudara, kerabat dan teman yang berbadan gemuk, jangan lagi katakan bahwa mereka gemuk ya! Lebih baik, ajak atau sarankan mereka untuk diet sehat dan rutin olahraga sehingga mereka termotivasi untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya.

Kata Kunci :

  • cara menyidir orang amerika
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *