Dusun Kembang SALATIGA Jawa Tengah masih sulit mendapatkan Air bersih

CIMG6823

Salatiga kali ini tim blusukan berada di Dusun Kembang Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo  Salatiga Jawa Tengah. Dusun Kembang merupakan salah satu dusun yang masih kesulitan untuk mencari Air bersih selain ada juga dusun Kumpulrejo dan Dusun Ndares di Kecamatan Argomulyo. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang dekat dengan sumber utama mata air gunung Merbabu  yakni didaerah “Sowo”. Akan tetapi seperti kebalikannya daerah yang semestinya tidak kekurangan air malah sulit untuk mendapatkan air bersih. Masyarakat Kemabang sudah berupaya untuk mendapatkan sumber mata air dari “Sowo” dengan cara mengambil air lewat paralon panjang yang di letakan dari sumber utama mata air yakni Sowo yang terus disalurkan ke dusun mereka yakni dusun Kembang. Akan tetapi sebelum air ini sampai ke dusun Kembang aliran air ini sudah di puterbalikan ke dusun Legok dan Kendal . “Ujar salah satu warga dusun Kembang mas Kris (34Thn) kepada tim blusukan .”

Ini dikarenakan masyarakat dusun Legok dan dusun Kendal juga kekurangan air. Sebenarnya masyarakat dusun Kembang sudah membuat sumur-sumur untuk mencukupi kebutuhan air bersih,akan tetapi banyak sumur-sumur galian ini juga mengalami kekeringan  terutama di musim Kemarau yang panjang seperti saat ini dan ngak tanggung-tanggung  untuk membuat sumur galian, warga ada yang mengali sampai mencapai 16meter.

Dari pihak pemerentahan Salatiga sendiri sudah berupaya untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih, dengan cara mengirimkan Tangki air ke dusun-dusun setempat . Menurut tim Blusukan bantuan tersebut masih kurang  menurut penuturan warga kepada tim Blusukan  3 hari sekali 1 Tangki truk dikirim untuk memenuhi kebutuhan warga jadi seminggu 2 kali. Ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air di karenakan jumlah warga per kepala Keluarga  di dareh ini setiap tahun meningkat, CIMG6824selain itu di masa kemarau yang panjang seperti ini air sangatlah sangat di butuhkan.  Tim blusukan juga belum melihat PDAM  (Perusahan Daerah Air minum ) masuk ke wilayah – wilayah ini. Yang di perlukan Warga  dusun adalah bagaimana setiap hari air bersih bisa mereka dapatkan tanpa adanya Gontok-gontokan sesama warga antrian saat mengantri air bersih dari Pemerentah Salatiga melaui tangki air yang di kirim setiap 3  hari sekali  itupun kalau  rutin.

 

Kata Kunci :

  • asal usul dusun kembang randuacir argomulyo salatiga
  • kembang desa hot
  • asal usul desa kembag kota sAlatiga
  • asal usul desa kembag randuacir
  • asal usul desa randuacir kota salatiga
  • legenda dusun kembang randuacir argomulyo salatiga
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *