DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KAB.MALANG SIAP MENYUKSESKAN PENAS XIV

KAb mlg

DINAS Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang berkomitmen menyukseskan Pekan Nasional (Penas) XIV Petani Nelayan, tanggal 7 Juni hingga 12 Juni 2014. Sebagai wujud nyata, DKP  telah menyediakan tiga tempat magang bagi para peserta dari unsur nelayan. Hal itu sesuai dengan salah satu leading sector kegiatan tersebut, yakni kelautan dan perikanan. Kepala DKP Kabupaten Malang, Ir Wahyu Hidayat mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah mengusulkan lima tempat untuk dipergunakan magang.
“Namun,  panitia pelaksana tingkat provinsi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan memutuskan hanya tiga tempat yang dipergunakan untuk magang,” ujarnya. Dari data, tiga tempat itu yakni Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Desa Maguan, Ngajum, UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Desa Sukorejo, Gondanglegi dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap, Sumbermanjing Wetan. Tetapi, dua tempat lainnya yakni Minapolitan Wajak dan UPR Sumber Mina Lestari di Dau tetap disiapkan sebagai cadangan.

Mantan Kepala Kantor Perumahan Kabupaten Malang ini menerangkan, selain dapat magang di tiga tempat tersebut, para peserta juga akan diajak melaut serta menangkap ikan di Pantai Sendang Biru. Mereka nantinya akan mempraktekkan langsung teknik maupun cara menangkap ikan di lautan lepas. Setelah itu, ikan tangkapan mereka kemudian dijual atau dilelang di TPI Pondok Dadap. “Para peserta nantinya bisa berinteraksi dengan para nelayan di Kabupaten Malang. Sehingga mereka bisa saling tukar ilmu,” bebernya.
Tidak cukup sampai di situ. Para peserta juga diajari tentang mengolah ikan menjadi aneka produk makanan hingga produk berupa obat kesehatan herbal. Selain itu, pihaknya juga bakal mengajari para peserta berbudidaya melalui minapolitan, budidaya rumput laut dan budidaya tanaman hias laut lainnya. “Kami tampilkan semua potensi unggulan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Malang. Hal itu sekaligus bertujuan untuk mempromosikan potensi yang dimiliki,” urai Wahyu.

Koordinator Bidang V Penas XIV Petani Nelayan ini juga memberikan fasilitas lainnya. Salah satunya adalah paket studi tour dan wisata pantai di Kabupaten Malang untuk memanjakan para  peserta. Meski dia tetap mengutamakan tujuan utama dari kegiatan ini yakni bertukar pikiran dan menambah ilmu. “Permintaan studi tour dan wisata dari peserta, juga banyak. Mereka bisa menikmati keindahan wisata pantai yang ada di Kabupaten Malang ini. Salah satunya adalah Pulau Sempu dan Pantai Tamban, yang dekat dengan lokasi magang,” pungkasnya.

Kata Kunci :

  • bbi sukorejo gondanglegi
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *