DI SEMIFINAL PIALA JENDRAL SUDIRMAN GOL TANDANG SANGAT BERPENGARUH

piala jendral

Jika kita pengemar dan pecinta sepak bola di ajang Piala Jendral Sudirman ada sedikit perbedaan aturan atau regulasi pertandingan di babak semi-final yang bakal digelar Januari mendatang. Mahaka Sports & Entertainment melalui Hasani Abdulgani menjelaskan aturannya.

Seperti yang sudah diketahui, Arema dipastikan melawan Mitra Kukar di babak semi-final Piala Jenderal Sudirman. Sementara di pot lain, ada Pusamania Borneo FC yang bakal menantang Semen Padang. Mereka akan bermain dengan sistem kandang dan tandang dengan runner-up lebih dahulu menjadi tuan rumah.

Hasani menjelaskan, jika nanti pertandingan di leg pertama berlangsung seri. Maka tidak akan dilakukan penalti. Namun, hasil itu dibawa di leg kedua berapapun skornya.

“Jika nanti secara agregat kedua tim bermain imbang, misal di leg pertama 1-1 dan leg kedua juga 1-1. Maka baru diadakan tendangan penalti. Namun, jika skor 1-1 di leg pertama, 0-0 di leg kedua, maka akan dilakukan sistem keuntungan gol tim tamu. Nah yang mencetak satu gol di kandang lawan sebagai pemenangnya,” kata Hasani.

“Saya kira teman-teman yang biasa meliput pertandingan sepakbola sudah paham betul dengan sistem gol keuntungan di tandang ini sehingga tidak terlalu sulit memahami aturannya,”

Sementara itu, yang kedua berkaitan dengan pemutihan kartu. Pemutihan kartu tidak dilakukan di babak semifinal, sehingga pemain yang mendapatkan akumulasi kartu atau kartu merah akan tetap absen di pertandingan semifinal. Jika hukumannya sudah selesai, maka pemain tersebut bisa bermain di leg kedua.

Tetapi di babak final nanti, akumulasi kartu yang didapatkan akan diputihkan sehingga bisa bermain di babak final. Namun, pemutihan ini tidak berlaku jika pemain mendapatkan kartu merah.

“Pemutihan hanya terjadi di final, tetapi hanya kartu kuning saja karena untuk kartu merah tidak bisa menjadi putih,” tegas Hasani.

Berikut jadwal semifinal Piala Jenderal Sudirman:

Leg pertama

9 Januari 2016: Mitra Kukar vs AREMA
10 Januari 2016: Pusamania Borneo FC vs Semen Padang

Leg kedua

16 Januari 2016: Semen Padang vs Pusamania Borneo FC
17 Januari 2016: AREMA vs Mitra Kukar

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *