Dampak Negatif Efek Memakai Headset Terlalu Lama

dampak negatif menggunakan headset

Headset atau earphone, atau disebut juga headphone adalah alat yang sebenarnya sangat nikmat jika digunakan untuk mendengarkan musik. Bagaimana tidak, dengan headset, suara musik akan terasa jelas dan hidup di telinga kita. Tetapi ingat! tidak baik menggunakan headset.

Apakah Anda termasuk dari orang-orang yang suka mendengarkan musik memakai headset? Jika iya, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan Anda dalam menggunakan headset. Mengapa? tentu saja karena memakai headset memiliki dampak negatif terhadap alat pendengaran yaitu telinga yang kita miliki.

Dampak Negatif Efek Memakai Headset Terlalu Lama

Setidaknya ada 3 efek memakai headset terlalu lama. Berikut ini adalah masing-masing penjelasannya.

Headset dapat Merusak Telinga

Dampak yang sudah jelas adalah, headset dapat merusak telinga kita. Alat pendengaran adalah bagian tubuh kita yang sangat penting. Penggunaan headset dengan suara yang terlalu keras dapat merusak telinga kita. Jangankan terlalu keras, jika dengan suara pelan pun tetap akan menimbulkan egfek negatif, karena suara akan langsung diterima oleh indera kita. Berbeda halnya ketika kita mendengarkan musik dengan cara yang normal.

Headset juga dapat Merusak Otak

Percobaan pernah dilakukan terhadap tikus bahwa gelombang elektromagnet yang dihasilkan dari headset dapat merusak telinga hewan tersebut. Bagaimana dengan manusia? Ada yang berpendapat bahwa headset juga dapat merusak otak. Karena bagaimanapun juga headset akan menghasilkan gelombang elektromagnetik, meskipun sekarang belum diketahui efeknya terhadap telinga manusia.

Sebagai catatan, meskipun belum diketahui tetapi headset juga dapat merusak telinga, jadi sebaikanya kurangilah penggunaan headset.

Headset Mengurangi Kepekaan Telinga

Ini tentunya terkait dengan efek memakai headset yang pertama tadi. Kalau misal tidak merusak, maka sudah pasti headset akan mengurangi kepekaan telinga kita. Banyak orang yang mengeluh pendengarannya berkurang. Setelah ditanya, ternyata mereka sering menggunakan headset dengan suara keras.

Bagaimana jika Terpaksa Memakai Headset?

Adakalanya kita terpaksa menggunakan headset, misalnya karena suasana ruangan yang ramai, atau karena musik di ruangan yang tidak sesuai dengan selera kita. Nah, bagi Anda yang tetap ingin menggunakan headset, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi efek buruk memakai headset pada telinga Anda.

Dampak Negatif Efek Memakai Headset Terlalu Lama

Pertama, jangan menggunakan volume yang terlalu keras! Volume yang keras tentu dapat merusak pendengaran kita. Kita pasti sama-sama tau, sayangnya banyak yang tidak sadar. Misalnya ketika kita menggunakan headset di perjalanan saat naik bis. Pasti suara kendaraan akan sangat bising baik itu saat memakai headset atgau tidak. Nah ketika memakai headset, supaya suara musik terdengar pasti kita akan menaikkan volume. Meskipun suara yang didengar kecil (karena tertutup suara kendaraan), tetapi bagi telinga kita itu tidak baik.

Kedua, daripada menggunakan headset yang kecil (earphone), lebih baik menggunakan headphone atau headset yang berukuran besar sehingga menutup telinga. Kenapa? karena sumber suara yang dihasilkan oleh headset yang menutup telinga memiliki jarak yang lebih jauh ketimbang kita menggunakan earphone yang menempel langsung ke lubang telinga.

Sekian informasi tentang efek memakai headset terlalu lama. Setelah membaca info ini, apakah Anda tetap akan menggunakan headset secara berlebihan? Semoga tidak ya…

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kata Kunci :

  • damak positif menggunakan headsead
  • bahaya menggunakan headset saat tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *