Daftar Buah untuk Diabetes yang Aman dan Layak Dikonsumsi

Daftar Buah untuk Diabetes yang Aman dan Layak Dikonsumsi

Diet atau pola makan bagi penderita diabetes seringkali membuat penderita kencing manis kelaparan, sehingga semua penderita diabetes sebaiknya mengetahui apa saja buah untuk diabetes yang baik untuk dijadikan makanan selingan atau snack. Mengikuti pola makan yang baik merupakan kewajiban bagi para penderita penyakit kencing manis untuk memerangi penyakit ini. Buah untuk penderita diabetes yang telah kami kumpulkan di bawah ini memiliki manfaat lainnya untuk memperbaiki keseimbangan tubuh penderita kencing manis, sehingga tidak hanya baik untuk menahan rasa lapar saja. Ikuti artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai buah apa saja yang sebaiknya menjadi pilihan utama Anda untuk dijadikan menu makanan tambahan Anda.

Inilah Buah Untuk Diabetes yang Dapat Anda Gunakan Sebagai Snack Anda

Memilih jenis makanan yang tepat untuk memerangi penyakit diabetes sangatlah penting. Begitu pula dalam memilih jenis buah apa yang baik untuk mengganjal perut Anda di antara jam makan berat Anda. Secara umum, pilihlah buah dengan rasa yang tidak terlalu manis, karena rasa manis yang berasal dari fruktosa tersebut dapat menaikkan kadar gula darah bila dikonsumsi secara berlebihan. Pilih juga buah yang mengandung banyak serat, karena dapat mengontrol rasa lapar Anda. Dan selalu memilih buah segar yang tidak diberikan gula tambahan adalah langkah wajib yang harus Anda ambil. Berikut adalah delapan buah untuk penderita diabetes yang telah kami pilih untuk Anda:

  • Buah Berry

Apa saja buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry? Buah seperti strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry adalah beberapa macam buah keluarga berry yang cukup terkenal di Indonesia. Menurut ADA (American Diabetes Association) buah berry adalah salah satu buah terbaik bagi penderita diabetes atau kencing manis. Mengapa? Buah berry mengandung antioksidan, berbagai macam vitamin, serat dan memiliki angka indeks glikemik yang rendah. Jadi, lain kali ketika Anda ingin mengonsumsi makanan yang manis pilihlah buah berry yang menyehatkan ini. Tidak lupa, jus strawberry, blueberry atau blackberry pun dapat menjadi pilihan snack Anda, namun tanpa gula dan susu tentunya.

  • Cherry

Buah untuk diabetes lainnya yang juga sangat baik untuk kesehatan penderita kencing manis atau diabetes adalah buah cherry. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak dan dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, kanker, stroke dan darah tinggi yang merupakan penyakit yang sering terjadi bersamaan dengan penyakit diabetes. Satu gelas buah cherry mengandung seitar 78 kalori. Tidak lupa buah cherry juga mengandung serat yang tinggi sehingga memiliki indeksi glikemik yang rendah pula. Namun perlu diingat untuk bijaksana memilih buah cherry yang tidak ditambahkan pemanis buatan.

  • Apel

Selain menjadi buah pilihan untuk orang diet, apel dapat menjadi buah untuk diabetes yang sangat baik. Mengapa? Buah apel mengandung banyak sekali Vitamin C, serat serta berbagai macam anti oksidan yang dapat memperkuat vitalitas, imunitas dan revitalisasi tubuh. Beberapa peneliti pun sedang berlomba-lomba mencari bukti bahwa buah ini dapat menurunkan kadar gula darah sehingga membantu mengontrol gula darah yang berlebih di dalam tubuh. Konsumsilah buah apel dengan kulitnya, karena kulit apel mengandung serat yang juga sangat baik untuk menurunkan indeks glikemik buah ini. Dan kalori yang dikandung buah apel sangatlah sedikit, yakni hanya 54 kalori dalam 1 buah apel yang kecil.

  • Jeruk

Buah untuk diabetes yang nikmat lainnya adalah buah asam yang mengandung banyak Vitamin C alias buah jeruk. Ya, selain Vitamin C, masih banyak nutrisi tambahan lainnya yang dikandung di sebutir buah ini yakini anti oksidan, serat, folat serta kalium yang baik bagi tubuh. Serat dapat menurunkan indeks glikemik sehingga membuat penderita diabetes tidak cepat merasa lapar. Folat dan kalium pun baik sekali untuk menormalkan dan menjaga kadar tekanan darah, mengingat penderita diabetes pun rentan terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi. Jangan ragu untuk menambahkan buah ini ke dalam menu keseharian Anda sebagai snack atau jus yang tentunya jangan ditambahkan gula tambahan.

  • Pear

Buah pear merupakan sumber Vitamin K dan serat yang sangat banyak, sehingga menjadikan buah ini sebagai buah untuk diabetes yang tidak boleh Anda lewatkan. Vitamin K dapat menormalkan keseimbangan dalam darah sehingga membantu meningkatkan status kesehatan Anda. Serat yang dikandung oleh buah pear juga sangatlah banyak sehingga dapat menurunkan indeks glikemik buah ini dan akibatnya memberikan manfaat mengenyangkan perut Anda lebih lama. Segeralah masukkan buah ini sebagai salah satu jenis buah yang dapat Anda gunakan sebagai snack di antara jam makan berat Anda. Karena selain mendapatkan manfaat yang enak dan mengenyangkan, pear pun memberi manfaat kesehatan bagi tubuh lainnya.

  • Alpukat

Jangan terfokus pada rumor yang mengatakan bahwa lemak yang dikandung alpukat akan mempergemuk dan menambah berat badan Anda. Karena, lemak yang dikandung buah ini tidaklah banyak dan jenis lemak yang dikandungnya pun ternyata merupakan lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh. Keuntungan lain mengonsumsi alpukat adalah glukosa atau gula yang dikandung buah ini sedikit. Lemak tidak jenuh ini baik bagi tubuh karena dapat membantu menaikkan HDL, si kolesterol baik, dan membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat di atas menjadikan alpukat sebagai salah satu buah untuk diabetes yang sangat baik.Tentu saja jangan mengonsumsi alpukat dalam bentuk jus atau es campur yang banyak mengandung gula jahat.

  • Pepaya

Buah untuk diabetes yang tidak kalah menyehatkan adalah buah pepaya. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini selain baik bagi pencernaan juga ternyata baik untuk penyakit diabetes. Beruntunglah Indonesia karena buah ini selalu ada di setiap musim atau bulan apapun. Pepaya mengandung Vitamin A, C dan E yang tinggi dan tentunya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak lupa, pepaya juga mengandung kalsium, zat besi dan kalium yang membantu fungsi pembuluh darah jantung dan sel darah merah. Jadi, pepaya adalah buah wajib yang harus dikonsumsi penderita diabetes ebagai snack di seling waktu makan Anda.

  • Kiwi

Buah kiwi yang kerap kali kita temuan sebagai topping makanan frozen yoghurt atau juga cemilan biasa merupakan buah untuk diabetes yang tidak kalah bermanfaat. Buah ini mengandung kalium, serat serta Vitamin C yang pastinya bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C yang dikandung kiwi akan menjaga elastisitas pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang seringkali menjadi ‘teman’ penyakit diabetes. Kini, banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk membuktikan efektivitas kiwi dalam perannya menurunkan gula darah yang tinggi.

Makanan Untuk Diabetes – Pengaturan Porsi, Jadwal Makan dan Jenis Makanan

Memerangi penyakit diabetes memerlukan strategi perubahan gaya hidup yang signifikan. Terutama dalam segi diet atau segi mengatur pola makan Anda. Tidak hanya mengurangi porsi makan, penderita diabetes haruslah mengetahui makanan apa saja yang boleh ia makan, jenis makanan apa yang harus dihindari, kapan harus makan dan seberapa banyak porsi makanan yang boleh ia makan. Jadi, inilah kira-kira garis besar makanan untuk diabetes yang dapat Anda ikuti:

  • Makan dengan jam teratur merupakan strategi pertama yang harus Anda lakukan. Jangan melewatkan sarapan, makan siang atau pun makan malam. Kuncinya, makanlah dengan porsi secukupnya, jenis makanan yang terbaik dan teratur setiap harinya.
  • Kurangi karbohidrat adalah kunci utama dalam memerangi penyakit diabetes. Seorang penderita diabetes hanyalah boleh mengonsumsi nasi putih sebanyakan kepalan tangannya saja tiap kali makan. Hindari pula makanan tinggi karbohidrat lainnya seperti: makanan manis dan bergula, tepung, roti, mie, bihun, kentang serta umbi-umbian.
  • Konsumsi protein dan lemak secukupnya, yakni daging satu telapak tangan, dengan tebal tidak melebih 0,5-1 cm. Pilihlah daging tanpa lemak. Dan Anda hanya boleh mengonsumsi minyak sebanyak seujung kuku jari setiap kali Anda makan. Jangan lupa lemak pun ada di produk susu yang Anda konsumsi.
  • Makanlah sayur dan buah yang banyak untuk mengganjal rasa lapar pada perut Anda, Biasakan mengonsumsi sayuran yang segar dan hindari proses memasak yang lama pada sayuran yang Anda makan. Anda juga dapat memanfaatkan buah-buahan di atas sebagai snack bila Anda merasa lapar di antara jam makan berat.

Mengatur pola makan dan gaya hidup merupakan kunci utama menjaga gula darah Anda. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak disarankan meninggalkan obat dokter untuk memerangi kencing manis yang Anda derita dan malah hanya mengandalkan buah-buahan di atas untuk mengontrol gula darah Anda. Bagaimana, apakah informasi yang telah kami berikan cukup berguna bagi Anda? Jika ya, segera terapkan langkah memilih makanan untuk diabetes di atas untuk mengontrol gula darah Anda. Dan jangan ragu menambahkan buah untuk diabetes di atas sebagai menu makanan tambahan sehari-hari Anda untuk mendapatkan berbagai macam manfaat penting untuk memerangi penyakit diabetes Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *