Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Sistem operasi android yang dikembangkan oleh Google sering dianggap memiliki aplikasi berbahaya yang mengundang virus atau malware ke dalam handset anda ketimbang OS lain seperti Windows atau pun iOS. Kehadirannya memang kadang tak disadari oleh pemilik handphone.

Yang disayangkan adalah pada Android tersebut,  Google masih belum menghentikan beredarnya aplikasi yang mengandung virus pada Google Play Store seperti yang di lakukan oleh Apple pada iOS App Store nya. Google cuma melakukan langkah pemindahkan terhadap kehadiran malware yang ada di Playstore sehingga sampai saat ini masih banyak peredaran virus. Anda tidak mau bukan sebagai pengguna OS Android lantas kemudian malah menginstall virus alih-alih anda mencari aplikasi yang bagus? Karena virus yang terinstall pada ponsel anda akan menjebak pengguna, memanipulasi dan mencuri data-data penting anda.

Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Nah anda mau tau bukan ciri-ciri aplikasi android yang berbahaya tersebut? Berikut ulasannya :

1. Tidak ada di Play Store

Mulai saat ini biasakan aplikasi yang anda Download itu langsung dari Play Store. Menginstapp aplikasi secara langsung melalui file .apk kadang lebih riskan terhadap hadirnya virus. Anda harus waspada.

Memang sih boleh saja dan Google pun mengijinkan demikian tetapi ya tentu saja anda sendiri yang harus menanggung resikonya karena aplikasi tersebut memang dari Sumber yang tidak dipercaya. Pastikan terlebih dahulu aplikasi tersebut aman dari virus atau jangan sama sekali untuk melakukan pencegahan.

Saat ini memang banyak sekali tersedia aplikasi-aplikasi instant yang hanya download file .apk kemudian disebar luaskan melalui Koneksi data atau Bluetooth. Untuk beberapa kasus, aplikasi-aplikasi tersebut banyak dibuat oleh Developer yang tidak terpercaya dan kemungkinan mengandung malware. Banyak ahli menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut adalah memang berasal dari yang bukan Play Store.

2. Izin Pemasangan Aplikasi Mencurigakan

Jika anda mlakukan penginstallan dari luar Play Store, biasanya terdapat tanda mencurigakan saat melakukan penginstallan izin pemasangan. Ketika anda memutuskan misalnya menginstall aplikasi senter, kemudian aplikasi tersebut meminta izin untuk membaca kontak, akses lokasi atau pun membuat koneksi internet, ada kemungkinan besar aplikasi tersebut berbahaya untuk anda.

Deretan izin pemasangan tadi bisa saja digunakan untuk mencuri data-data penting anda dan secara otomatis di upload ke internet kedalam servernya. Nah mulai sekarang anda harus selalu memperhatikan izin pemasangan aplikasi ketika hendak menghinstall aplikasi baru. Sebuah aplikasi yang meminta izin untuk mengirinkan SMS yang berbayar pun patut anda curigai.

3. Jumlah Penginstallan, Ulasan aplikasi serta Reputasi mencurigakan

Angka banyaknya penginstall pun dapat anda jadikan ciri aplikasi tersebut bahaya atau tidak. Jika anda melihat aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 1juta orang dan mendapat rating 4-5 itu tandanya aplikasi tersebut aman dan terpercaya.

Namun belum sampai disini, anda juga harus melihat ulasan dari aplikasi tersebut. Baca sejenak ulasan komentar dari pengguna lain dulu. Aplikasi buatan Google langsung biasanya memiliki keamanan yang terjamin ketimbang developer lain.

4. Deskripsi aplikasi tidak jelas dan kadang salah

Deskripsi yang tidak jelas dan salah tersebut diakibatkan oleh developer abal-abal yang sebenarnya masih belum mengerti marketing atau cara memasarkan produknya. Jika anda melihat demikian maka anda perlu hati-hati dengan aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *