CATATAN DARI PANTAI LENGGOKSONO

Pantai LEggok

Tanjung Benoa-nya Kabupaten Malang
Kabupaten Malang memang layak menjadi destinasi favorit wisata yang datang ke Malang raya. Potensi wisata yang dimilikinya bukan hanya memiliki theme park yang bagus saja, namun juga memiliki pantai-pantai indah nan mempesona. Deretan pantai cantik banyak membuat decak kagum wisatawan. Bukan hanya pantai, teluk dan laguna yang ada benar-benar indah dan sangat layak untuk dikunjungi.
Salah satunya Pantai Lenggoksono yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo. Pantai dengan hamparan pasir putih membentang sekitar satu kilometer melingkar dengan dua sisi dikelilingi tebing serta ditumbuhi rerumputan hijau. Deburan ombak yang saling kejar-kejaran serta banyak batu-batu kecil di tepian pantai menjadi pemandangan indah yang layak untuk dinikmati.

Potensi inilah yang membuat Pemkab Malang untuk mengembangan eco wisata satu paket dengan potensi wisata lainnya, Pulau Pat, Gadung, Pulau Bolu-Bolu, Banyu Anjlok, Ndampar, dan Ngasem. Pengembangan wisata air juga akan dilakukan.
“Pantai yang dimiliki kabupaten, itu memiliki kelebihan dan pemandangan yang luar biasa. Termasuk, Pantai Lenggoksono yang menyimpan banyak sekali keindahan. Untuk bisa mengembangkan lokasi itu menjadi lokasi wisata yang enak dikunjungi, Dinas Pariwisata harus bisa mensinergikan potensi tersebut,” kata Bupati Malang, Rendra Kresna.
Dalam pegembangan kawasan ecowisata itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) harus bisa merangkul masyarakat sekitar lokasi dalam membantu perawatan dan pengembangannya. Termasuk didalamnya, pihak Perhutani karena di dalam kawasan sekitar pantai dalam wilayah Perhutani.
“Kalau langkah awal ini sudah berjalan, barulah melangkah ke penyediaan sarana dan prasarana untuk wisatawan. Dengan potensi yang sudah ada di Pantai Lenggoksono, akses jalan menuju ke lokasi harus menjadi perhitungan. Di mana, lebar jalan untuk dua kendaraan dari arah berlawanan, harus segera diajukan untuk disetujui. Jika ini bisa dilakukan, maka wisatawan akan kian tertarik untuk berkunjung,” paparnya.

Ditambahkan politisi dari Partai Golkar itu, hal lain yang diperlukan di sekitar lokasi pantai, yakni mengenai ruang ganti pakaian wisatawan hingga pada tempat beristirahat. Dua hal ini sangat penting, karena wisatawan datang selain untuk melihat keindahan potensi Pantai Lenggoksono juga untuk beristirahat.
“Kalau lokasi berjualan, harus diakui memang di sekitar lokasi sudah ada dari warga. Namun yang terpenting, yakni ruang ganti pakaian dan tempat istirahat. Kalau dua item ini bisa juga diberikan, maka langkah memperkuat tempat-tempat wisata sehingga enak dikunjungi bisa maksimal,” tandasnya.

Gencarkan Promo Ecowisata Bahari
Pantai Lenggoksono memiliki pemandangan yang luar biasa dan tidak kalah dengan pantai lainnya. Jika dibandingkan dengan Tanjung Benoa yang ada di Pulai Bali, tidaklah kalah. Bisa dibilang Pantai Lenggoksono ini adalah Tanjung Benoa-nya Kabupaten Malang.
Kendati belum cukup terkenal, tetapi Pantai Lenggoksono selama ini sudah sering dikunjungi wisatawan asing. Mereka bahkan memuji keindahaan pantai yang berada di Kabupaten Malang bagian timur ini. Beberapa pengamat wisata dari Bali, juga mengakui keindahan pantai tersebut.
“Sudah banyak turis atau wisatawan asing yang singgah di Pantai Lenggoksono. Seperti dosen dari EF (English First) yang kebanyakan dari luar negeri, sudah sering datang ke pantai ini. Bahkan mereka juga sering kemping di pantai tersebut. Wisatawan dari Bali yang melihat dari internet, juga sudah beberapa kali datang,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara.
Di pantai ini, segala permainan air bisa dilakukan. Seperti snorkeling, diving, selam serta selancar. Bahkan untuk olahraga selancar pemula Pantai Lenggosono inilah tempatnya. Sebab kondisi gelombang airnya tidak membahayakan.

“Ada tiga orang anak SMP yang kami ikutkan pembinaan dari peselam asal Bali. Mereka dilatih selam sepekan tiga kali. Tujuannya supaya ketiga anak tersebut memiliki kemampuan selam yang sempurna, sehingga ke depan mereka bisa untuk mempromosikan selam di Pantai Lenggoksono itu,” jelas Made.
Tidak hanya cukup disitu. Keindahan Pantai Lenggoksono juga dilengkapi dengan sebuah pulau kecil yang disebut pulau Bolu-Bolu. Pulau ini ada diseberang Pantai Lenggoksono. Jika ditempuh dengan menggunakan perahu, perjalanan sekitar 45 menit. Di pulau ini sangat bagus untuk foto-foto. Apalagi, foto pre­-wedding.
“Di Pulau Bolu-Bolu ini wisatawan juga bisa bermain selam sembari menikmati keindahan alam bawah air. Karena ikan hias serta terumbu karangnya sangat bagus sekali,” tutur mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang ini.
Melihat keindahan yang begitu megah, untuk menjadikan Pantai Lenggoksono seperti Tanjung Benoa dan menjadi jujugan para wisatawan mancanegara, Disbudpar Kabupaten Malang mulai menggandeng beberapa dinas terkait untuk ikut membantu mempromosikannya. Seperti Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membantu menyediakan perahu yang digunakan menyeberang ke Pulau Bolu-Bolu.
Lalu Dinas Pemuda dan Olahraga, untuk membantu menyediakan peralatan olahraga air. “Karena bagaimanapun juga, selam dan selancar juga merupakan kegiatan olahraga,” ujarnya.

Juga meminta bantuan ke Dinas Kehutanan selaku pemilik wilayah, dengan membuat bentuk kerjasama tripartite pembuatan gazebo. Itu karena di lokasi Pantai Lenggoksono membutuhkan gazebo untuk wisatawan berteduh. Termasuk Dinas Bina Marga juga diminta bantuan untuk memperbaiki jalan menuju pantai, yang sudah mulai dilakukan pada tahun ini.
“Kami juga terus membina masyarakat yang menyediakan home stay. Bagaimana masyarakat kami bimbing untuk menjadi tuan rumah yang baik. Sekaligus mengajak mereka berkreatifitas bagaimana menjadikan Pantai Lenggoksono sebagai jujugan wisata, karena nantinya juga akan kembali pada masyarakat. Empat home stay yang disediakan kamar serta MCK harus benar dan ideal,” jelas dia.
Target untuk menjadikan wisata pantai di Kabupaten Malang seperti di Bali, akan terus dimaksimalkan selama lima tahun. Dan mulai tahun ini, Disbudpar Kabupaten Malang terus menggenjot untuk membangun Pantai Lenggoksono.(agp/aim)

Jadi Jujugan Wisatawan Mancanegara

Pengembangan Pantai Lenggoksono yang bakal dilakukan Pemkab Malang menjadi andalan wisata air baru di Kabupaten Malang, mendapat dukungan. DPD Asosiasi Perusahaan Tour dan Travel Wista Indonesia (Asita) Jatim, menilai pantai yang terletak di Kecamatan Tirtoyudo tersebut menilai cocok dijadikan ekowisata bahari.
Humas DPD Asita Jatim Imam Nugroho mengatakan, Pantai Lenggoksono mempunyai eksotisme dan keindahan tersendiri. “Saya rasa semua pantai selatan di Kabupaten Malang mempunyai keunggulan masing-masing. Bedanya, Pantai Lenggoksono ini keindahannya masih murni,” ujarnya kepada Malang Post.
Menurutnya, pantai yang terletak di Dusun Lenggoksno, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo ini harus segera dikembangkan tanpa merusak kemurnian. Untuk itu, diapun mendukung pengembangan pantai tersebut menjadi lebih baik lagi. Salah satunya dengan menambah beberapa wahana yang cocok dengan kondisi Pantai Lenggoksono.
Diantaranya selancar air maupun surfing, snorkeling, tempat berkemah, outbond hingga foto hunting. “Pantai tersebut jelas mempunyai keindahan lingkungan sekitar yang sangat bagus. Ombak yang bagus, tidak banyak karang dan dasar lautnya berupa pasir memang cocok untuk selancar yang digemari para wisatawan asing,” urainya.
Bila pengembangan pantai tersebut diseriusi oleh Pemkab Malang melalui instansi terkait, dia percaya akan banyak pengunjung yang berdatangan. Selain itu, dengan bertambahnya pantai di Kabupaten Malang, menjadikan pihaknya mempunyai banyak opsi untuk mempromosikan sekaligus menawarkan potensi pantai di Kabupaten Malang.
“Potensi pantai di Kabupaten Malang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tinggal sekarang Pemkab Malang ini benar-benar fokus melakukan pengembangan pantai, utamanya pantai Lenggoksono tersebut,” bebernya.

Selama ini tingkat kunjungan sejumlah pantai di Kabupaten Malang sangat bagus. Diantaranya Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Bajulmati. Sedangkan pengembangan Pantai Lenggoksono bakal menambah daftar katalog DPD Asita Jatim untuk dilakukan promosi kepada wisatawan.
“Kami berharap Pantai Lenggoksono ini mengalami hal yang serupa setelah selesai dilakukan pengembangan. Yakni banyak diserbu wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara,” tuturnya.

 

Kata Kunci :

  • pantai lenggoksono
  • pantai lenggoksono malang
  • snorkeling di malang
  • tempat snorkeling di malang
  • pantai lenggongsono
  • pantai lengkongsono
  • pantai lenggangsono malang
  • promosi lenggok sono
  • pantai legongsono
  • kata-kata promosi lenggok sono
Suka blusukan

2 Comments

  1. Vino

    May 20, 2014 at 3:19 am

    Manteb gan agar segera direalisasikan…..jangan sampai investor asing yang mendahului pembangunan pantai selatan malang dalam hal ini pantai lenggosono. Jangan sampai kita jadi penonton di daerah kita sendiri..

  2. leo putra

    December 8, 2014 at 7:46 am

    Saya tertarik dengan postingan web anda mengenai “CATATAN DARI PANTAI LENGGOKSONO”. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi wisatawan / traveler yang berkunjung ke Malang.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *