Cara Promosi Produk di Internet

images

Tulisan ini akan menjabarkan beberapa pertanyaan terbanyak dari pengunjung kami seputar memulai kegiatan pemasaran atas produk yang dijual melalui media internet. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan adalah:

  1. Apakah bila ingin memulai pemasaran di internet harus mengerti akan internet?
  2. Bagaimana cara memulai bisnis online?
  3. Rumitkah mengelola/ mengupdate contents atau isi web?
  4. Haruskah online setiap saat?

Berikut adalah jawaban dari tim kami

Apakah bila ingin memulai pemasaran di internet harus mengerti akan internet?

Bila kita ingin masuk dalam komunitas pemain basket tentunya kita tidak harus mengetahui bagaimana aturan dalam permainan basket, berbeda halnya bila kita ingin masuk sebagai tim dari pemain basket tentunya kita harus mengerti aturan permainan dalam basket.

Begitu pula dengan internet bila kita hanya ingin menjadi “pemain” yang sifatnya general saja tidak perlu ada aturan atau teknik yang kita pelajari, modal sekedar tau saja sudah cukup. Namun bila kita ingin masuk pada hal yang lebih spesifik misalnya sebagai pemasar atau bila telah memiliki web akan memfungsikan web kita menjadi media promosi dan berjualan, tentunya ada banyak hal penting yang harus kita ketahui untuk berhasil disitu. Hal ini kami sampaikan untuk menjauhkan sugesti bahwa di internet kita bisa memperoleh keberhasilan dengan mudah. Untuk berhasil sebagai pemasar di internet tentu tidak semudah yang di khayalkan tapi tidak juga serumit yang dibayangkan.

Dalam dunia internet informasi bisa kita dapatkan begitu mudahnya, termasuk berbagai ilmu yang kita inginkan. Anda bisa mencari berbagai litertatur tentang bagaimana cara memasarkan di internet beserta “aturan-aturan” untuk memulai keberhasilan.

Dalam dunia pemasaran di internet salah satu teori teknik yang dikenal adalah SEO (Search Engine Optimization) yaitu bagaimana cara mengeoptimalkan web kita dalam search engine. Biasanya efek dari SEO ini adalah ditampilkannya informasi web kita  di urutan terbaik (halaman terbaik biasanya didefinisikan di halaman 1 – 10 hasil pencarian) pada saat orang mencari produk yang kita tawarkan di google atau yahoo.

Apakah SEO itu cukup mudah ? Bila dilihat secara teori memang bagi orang awam terkesan susah namun menurut kami SEO adalah realitas apa adanya dan realitas sewajarnya, apa maksudnya ? Artinya kesimpulan dari teori itu adalah sungguh merupakan aturan yang standar saja seperti rajin mengupdate web agar informasi tetap dibutuhkan pengunjung, membuat tulisan yang bagus agar web kita dibaca hingga selesai oleh pengunjung, saling berkenalan dengan pemilik web lain lalu dilanjutkan dengan bertukar link, menata kalimat dengan baik agar mudah dipahami oleh pengunjung dan search engine. Apakah hal itu sulit dilakukan ? kami rasa tidak ya.

Saya rasa google juga tidak bodoh, sehingga tidak menerapakan aturan yang sulit agar sebuah web dapat terindex dengan baik dalam databasenya, karena google punya kepentingan untuk bisnis search enginenya. Bisa dibayangkan apa jadinya bila yang ditampilkan dalam pencarian google adalah hanya web orang-orang yang tau tentang bagaimana cara SEO ? pastinya banyak orang yang meninggalkan google, karena yang setiap mencari dalam google hanya web itu itu saja yang ditampilkan.

Saya pernah mendapati kasus yang nyata, bahwa web seorang pakar SEO, ternyata jumlah pengunjungnnya bisa kalah banyak dengan web klien kami seorang ibu-ibu yang buta sama sekali akan SEO. Pakar SEO hanya mampu meraih jumlah pengunjung web 700 an orang perhari dan web seorang ibu bisa mendatangkan pengunjung lebih dari 1000 perhari (kami cek di hari dan waktu yang sama). bagaimana bisa ? ternyata google itu memang cukup adil, setalah kami analisa web seorang ibu itu rajin sekali mengupdate daftar barang yang dijualnya dan ini dilakukan hampir setiap hari.

So, bila kita melakukan hal-hal yang standar saja di internet seperti yang saya sebutkan diatas (rajin mengupdate web agar informasi tetap dibutuhkan pengunjung, membuat tulisan yang bagus agar web kita dibaca hingga selesai oleh pengunjung, saling berkenalan dengan pemilik web lain lalu dilanjutkan dengan bertukar link, dll) kita sudah punya hak berhasil dalam memasarkan produk kita.

Bagaimana cara memulai bisnis online?

Sebagian klien kami bahkan ada yang memulai bisnis onlinenya, padahal mereka belum tau apa yang harus mereka jual. meskipun ini beresiko tapi syah-syah saja karena keinginan untuk memulai itu sudah merupakan langkah bagus.

Namun alangkah baiknya bila sebelum memulai bisnis online, kita tentukan lebih dahulu apa yang akan kita tawarkan atau kita jual. Lalu bila memang tidak kita produksi sendiri pastikan bahwa sumber barang tetap harus konsisten dan tidak bermasalah, artinya paling tidak sudah ada hubungan baik antara kita dengan penyedia/pemasok barang yang akan kita jual.

Jangan lupa bahwa berjualan melalui media internet tetap harus menggunakan prinsip-prinsip dan pola dagang dalam dunia konvensional, seperti barang yang kita tawarkan harus bagus, bersedia barang diretur apabila barang tidak memuaskan, melayani dengan cepat, melayani dengan ramah, meskipun hanya lewat email tetap gunakan bahasa-bahasa yang sopan dan santun. Prinsipnya dunia online hanya membantu memperluas pasar namun sifat dan pola perdagangannya tetap mengacu pada perdagangan dalam dunia konvensional. Menurut saya pemasaran dunia online bukan semata-mata mencari bentuk dan pola baru melainkan pengembangan dari pola pelayanan konvensional, sehingga begitu kita bermain didunia online akan menambah kompleksitas pelayanan kita.

Bila kita sudah memiliki bisnis di konvensional lalu ingin mengembangkan pasar dalam dunia online, hal ini akan jauh lebih mudah, karena paling tidak prinsip-prinsip dan pola dagang secara umum telah kita miliki dan ini bisa langsung diterapkan dalam dunia online.

Rumitkah mengelola/mengupdate contents atau isi web kita?

Setiap penyedia jasa pembuatan web atau penyedia paket web tentunya harus menyediakan halaman khusus bagi pemilik agar pemilik web mudah untuk melakukan update halaman webnya.

Untuk melihat bagaimana proses input data paket web rancangan kami, telah kami sediakan tutorialnya  di http://www.jayaweb.com, hal ini kami tujukan agar para klien kami lebih mudah dalam mempelajari dan memahami tata cara menginput data dengan menggunakan web rancangan kami.

Haruskan online setiap saat ?

Petanyaan ini juga sering kali diajukan, apakah kita harus online setiap saat bila berbisnis atau memanfaatkan media web untuk berjualan ?

Jika online setiap saat yang dimaksud adalah terus menerus setiap menit dan jam didepan komputer tentunya jawabannya adalah tidak !. namun bila definisi online setiap saat adalah setiap hari ada beberapa waktu kita yang kita gunakan untuk memeriksa email masuk, misalnya setiap pagi, siang, sore atau malam tentu saya setuju untuk menjawab ya ! dan memang harusnya demikian.

Dalam dunia online, merespon dengan cepat dari setiap traffic yang masuk melalui email adalah merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan. Sehingga memeriksa email dengan rutin merupakan syarat mutlak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *