Cara Mudah Menjaga Kesehatan Rambut

tips merawat kesehatan rambut

Rambut merupakan bagian aset diri yang menunjang penampilan seseorang. Bagi wanita, rambut merupakan sebuah mahkota yang perlu diperhatikan kesehatannya. Tak heran, banyak diantara mereka yang melakukan berbagai treatment di salon untuk mendapatkan rambut yang indah berkilau. Hal itu mungkin bukanlah masalah bagi mereka yang berdompet tebal. Namun, bagi yang berdompet tipis, perawatan di salon hanyalah angan-angan semata. Dan sekarang, saya akan mewujudkan angan-angan anda untuk melakukan perawatan rambut dengan cara alami yang hasilnya tak kalah berkualitas dibanding hasil dari salon.

Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Berikut akan saya bagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut. Simak baik-baik dan jalankan tips tersebut secara rutin dan teratur agar hasilnya bisa maksimal.

Lidah Buaya

Cara menjaga kesehatan rambut yang pertama adalah denganmemanfaatkan lidah buaya. Daun lidah buaya mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan menjadi lebat dan sehat. Cara memanfaatkannya adalah dengan membelah daun lidah buaya dan oleskan lendirnya ke seluruh bagian rambut hingga benar – benar merata. Tutuplah menggunakan handuk kecil kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit. Sesudah itu, cucilah rambut anda seperti biasa.

Lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam satu minggu secara rutin selama setidaknya 1 bulan. Setelah itu, lihatlah perubahan rambut anda yang kini semakin lebat dan hitam berkilau.

Daun Waru

Selain itu, untuk menjaga agar rambut tetap sehat bisa denganmemanfaatkan daun waru. Jika biasanya pohon ini banyak diabaikan dipekarangan belakang rumah, sekarang anda dapat memanfaatkannya untuk membuat rambut menjadi hitam dan berkilau.

Caranya adaah dengan menumbuh sejumlah daun waru sampai mengeluarkan lendir. Pisahkan antara lendir dan daun waru yang sudah hancur dengan cara menyaringnya. Tempatkan lendir daun waru ke dalam botol kecil kemudian embunkan selama 24 jam. Setelah itu, anda dapat menggunakannya dengan cara mengoles lendir tersebut ke seluruh bagian rambut mulai dari ujung hingga pangkal rambut.

Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 3 kali dalam seminggu dan lihat perubahan rambut anda. Rambut akan menjadi lebih berkilau dan sehat.

Minyak Kemiri

Kacang kemiri yang akan digunakan sebagai penyubur rambut adalah kacang kemiri yang sudah dijadikan menjadi minyak kemiri. Minyak ini dapat anda dapatkan di toko atau bisa juga anda buat sendiri dirumah.

Cara membuat minyak kemiri di rumah adalah dengan menumbuk kemiri hingga halus kemudian campurkan sedikit air. Sangrai campuran tadi hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang kemudian digunakan untuk menyuburkan rambut.

Caranya adalah dengan mengoles minyak kemiri ke rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa saat. Cucilah rambut hingga bersih ketika minyak kemiri sudah terasa lebih mengering.

Sayangi Rambut Anda

Jangan menggosok rambut dengan terlalu kasar karena akan merusak sel-sel didalamnya yang kemudian akan menyebabkan rontok. Karena itulah, sebaiknya anda mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkan hingga mengering atau menggunakan handuk lembut dan lakukan secara perlahan.

Makanan Sumber Protein

Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein. Kandungan protein akan membuat rambut menjadi halus dan berkilau. Makanan yang banyak mengandung protein adalah telur, kacang, umbi dan lain-lain.

Hindari Sinar Matahari

Tips terakhir dari kami, untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung pada siang hari. Matahari di atas pukul sembilan pagi akan memancarkan sinar matahari yang sifatnya jahat. Jika anda tidak mengenakan topi, sinar tersebut akan membuat rambut anda menjadi kusam dan kering.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut yang perlu anda coba. Semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *