Cara Mudah Mengatasi “Can’t Connect To Camera” Di Ponsel Android

ponsel-android-mati

Bagi pengguna handset khususnya Android, mungkin pernah mengalami masalah ketika kamera pada smartphone tidak dapat dibuka atau error dengan notifikasi “Can’t Connect To Camera”. Permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan pada saat menginstal aplikasi tertentu yang menyebabkan terjadinya konflik atau error pada kamera.

Kesalahan juga kerap muncul pada saat Anda melakukan upgrade OS yang tidak didukung perangkat. Namun jangna khawatir, pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi permasalahan pada kamera perangkat android yang tidak bisa dibuka. Berikut ulasanya.

Bagi pengguna handset khususnya Android, mungkin pernah mengalami masalah ketika kamera pada smartphone tidak dapat dibuka atau error dengan notifikasi "Can’t Connect To Camera". Permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan pada saat menginstal aplikasi tertentu yang menyebabkan terjadinya konflik atau error pada kamera.

Cara mengatasi error di Kamera Android
  1. Lakukan restart atau muat ulang perangkat Android jika terjadi error. Namun sebelum melakukan hal tersebut pastikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sudah di nonaktifkan terlebih dahulu.
  2. Jika cara diatas masih belum bisa mengatasi permasalahan tersebut. Uninstall aplikasi kamera yang baru Anda pasang.
  3. Anda juga dapat menciba cara ketiga dengan mengunduh aplikasi bernama 360 Security dari Play Store. Anti virus yang satu ini terbukti ampuh mengatasi permasalahan tersebut.
  4. Cara selanjutnya, tutup paksa atau Force Close aplikasi kamera bawaan dengan cara tap menu Setting > Apps > lalu cari Camera dan tap Force Close.
  5. Bersihkan cache atau data aplikasi Camera dengan cara masuk ke menu Setting > Apps > Camera > kemudian tap Clear Cache dan Clear Data.

Jika Anda menggunakan Custom ROM, kemungkinan Custom ROM tersebut tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Segera hapus dan kembalikan ke versi semula. Pastikan penyimpanan dari sebuah hasil foto memiliki ruang yang cukup. Karena hal ini juga menjadi penyebab fitur kamera tidak dapat berfungsi akibat ruang yang penuh. Anda dapat mengatur penyimpanan foto dengan cara buka fitur kamera > setting > Penyimpanan > dan terdapat dua opsi antara lain penyimpanan internal dan kartu SD (untuk Android versi KitKat).

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan ternyata permasalahan tersebut tidak terselesaikan, bisa jadi hardware dari kamera ponsel mengalami kerusakan.

Kata Kunci :

  • cafe di kamera Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *