Cara Merawat Tanaman Aglaonema

aglonema

Beragam jenis tanaman Aglaonema memiliki pesona dan keindahan yang sangat menarik. Namun demikian untuk memperoleh tanaman Aglaonema yang mempesona, tentu dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan Aglaonema dengan baik dan tepat. Meski bisa dibilang cara merawat tanaman aglaonema ini cukup mudah, namun jika disepelekan atau asal-asalan tidak akan diperoleh hasil yang maksimal.  Karena itu pecinta tanaman Aglaonema harus memperhatikan apa yang di butuhkan tanaman Aglaonema untuk tumbuh kembang si ratu daun ini, yaitu teknik perawatan Aglaonema yang baik.

Bagaimana Merawat Aglaonema ?

Untuk memperoleh tanaman Aglaonema yang indah dan menjadikannya Ratu Tanaman Hias, berikut ini adalah Cara Merawat Aglaonema:
1. Media Tanam Aglaonema
Media tanam aglaonema sebaiknya memiliki tingkat keasaman (pH) netral antara 6-7. Anda dapat menggunakan campuran antara humus daun dan pasir sebagai media tanam dengan perbandingan 3:1. Masukkan media tanam pada pot sampai dengan ¾ bagian setelah sebelumnya anda letakkan pecahan bata merah atau genting pada dasar pot.

2. Penyiraman Aglaonema
Penyiraman dapat dilakukan sehari sekali dengan takaran air yang disesuaikan dengan kelembaban media tanam itu sendiri. Ingat, aglaonema adalah tanaman yang menyukai area lembab tetapi tidak terlalu basah. Jangan menggunakan air kaporit pada dalam merawat dan menyiram tanaman Aglaonema.

3. Pemupukan Tanaman Aglaonema
Pemupukan perlu dilakukan dalam tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk yang memang dirkomendasikan oleh para ahli. Anda dapat bertanya kepada tukang taman yang anda percaya untuk merk atau jenis pupuk apa yang cocok untuk aglaonema beserta takarannya. Untuk pupuk alami bisa menggunakan air cucian beras. Siram ke  media tanam, bukan di daun/batang.

4. Penempatan tanaman Aglaonema
Tempatkan tanaman hias ini pada tempat yang teduh karena aglaonema pada dasarnya tidak cocok dengan penyinaran matahari secara langsung. Anda dapat menempatkan tanaman ini di teras atau tempat lain dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.

Agar  Daun Aglaonema Tampak Mengkilap

Pesona tanaman Aglaonema adalah pada bagian daunnya, daun Aglaonema yang bersih, indah dan mengkilap makin menambah pesonanya. Karena itu salah satu cara  merawat tanaman aglaonema adalah membuat daunnya mengkilap.

Untuk mengkilapkan daun Aglaonema kita bisa menggunakan beberapa bahan yaitu  air, susu dan ampas kelapa.  Cara menggunakan bahan-bahan tersebut untuk merawat daun Aglaonema agar mengkilap adalah dengan mengelapkannya air ke daun Aglaonema. Spon yang sangat halus  dibasahi dengan air sumur bersih kemudian dilapkan pada  bagian daun. nah cara ini merupakan cara sangat sederhana merawat daun tanaman Aglaonema.

Selain air sumur yang bersih, air susu bermanfaat dalam merawat daun tanaman Aglaonema. Cairan susu memiliki fungsi sebagai pupuk daun. Susu yang digunakan adalah susu bubuk yang telah dilarutkan dalam air atau susu cair juga tidak apa – apa. Namun selain bermanfaat dalam merawat tanaman Aglaonema susu juga memiliki resiko mengundang bakteri perusak tanaman yang diolesi susu.

Ampas kelapa bermanfaat untuk mengkilapkan daun Aglaonema, sehingga bisa digunakan untuk merawat tanaman Aglaonema. Dengan menggunakan ampas kelapa maka daun akan mengkilap. Cara menggunakan ampas kelapa untuk merawat tanaman aglaonema adalah ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun menggunakan kain bersih, maka akan berdih dan mengkilap.

Itulah beberapa cara merawat tanaman Aglaonema sehingga menghasilkan daun aglaonema yang indah, mengkilap dan menjadi ratu tanaman hias.

Kata Kunci :

  • harga aglaonema 2016
  • harga aglaonema merah
  • harga tanaman aglonema bulan oktober 2016
  • gambar untuk kata malang swante sayang
  • tanaman aglaonema

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *