CARA MERAWAT RAMBUT BAGI PARA HIJABERS

MERAWAT RAMBUT

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita tanpa terkecuali para muslimah. Meski rambut tertutup oleh hijab bukan berarti diabaikan kesehatannya.

Justru rambut yang terbiasa ditutup harus mendapatkan perhatian lebih dalam perawatannya. Rambut yang tertutup dalam waktu lama akan membuat rambut kekurangan oksigen, menjadi panas, berminyak dan mudah rontok.

Ditambah lagi kondisi alam Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, sering menimbulkan masalah di kulit rambut, contohnya ketombe.

Para hijaber pasti tidak ingin kan rambutnya rusak begitu saja? Nah, berikut ini ada tips mudah, murah dan bisa dilakukan sendiri di rumah untuk merawat rambut.

Pertama, biasakan keramas secara teratur 2-3 hari sekali. Pilihlah shampoo yang sesuai dengan jenis dan kulit kepala hijabers.

Kedua, gunakanan hair tonik setelah keramas dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Ketigacreambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit, sehingga asupan nutrisi tetap terjaga serta menghindari kelembaban dari kulit kepala berketombe.

Keempat, perhatikan pola makan dan lakukan gaya hidup sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C dan zat besi. Konsumsi juga nutrisi secara alami seperti kacang-kacangan, bayam, pisang dan lain-lain.

Kelima, pastikan kondisi rambut harus kering saat mengenakan hijab. Rambut yang masih basah atau lembab akan menyebabkan rambut menjadi rapuh, menimbulkan ketombe dan menjadikan kulit kepala lembab.

Keenam, jangan mengikat rambut terlalu keras karena akan menyebabkan rambut kering dan mudah patah.

Terakhir, jangan seharian memakai hijab, setidaknya luangkan waktu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas, terutama saat tidur. (Ism)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *