CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI !

Gigi merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk menghaluskan makanan agar nantinya dapat dicerna dengan mudah oleh lambung. Selain penting untuk membuat makanan menjadi halus, gigi juga sangat penting untuk menunjang penampilan anda. Gigi yang putih dan sehat merupakan awal dari penilaian seseorang terhadap penampilan anda. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Berbagai cara dilakukan oleh semua orang demi mendapatkan gigi yang putih dan kuat. Bahkan, yang akhir-akhir ini sedang ngetrand di kalangan para artis adalah memutihkan gigi dengan cara “Bleaching”. Meski hasilnya sangat bagus, namun biaya untuk melakukan perawatan tersebut tidaklah sesuai dengan masyarakat yang memiliki keuangan pas-pasan.

Karena itulah, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai cara menjaga kesehatan gigi dengan biaya yang hemat namun hasilnya tidak akan kalah dengan kualitas gigi hasil “Bleaching”. Bagaimana caranya? Berikut akan saya jelaskan mengenai hal tersebut.

Rajin Menggosok Gigi

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Kegiatan menggosok gigi akan menghindarkan gigi ana dari kuman yang berkeliaran. Biasanya kuman yang berada dimulut kemudian tidak segera dibunuh akan menimbulkan banyak masalah. Diantara masalah-masalah tersebut, yang paling sering terjadi adalah timbulnya bau mulut dan gigi berlubang. Tentu hal ini sangat merugikan bagi kita. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur sangatlah penting untuk membuat gigi tetap putih dan kuat.

Gunakan Obat Kumur

Sekarang ini, berbagai macam obat kumur telah beredar dipasaran. Untuk memilih obat kumur yang tepat, anda perlu memahami kegunaan dan komposisi obat kumur yang tertera dikemasan. Dengan memahami fungsi dan komposisinya, anda dapat memastikan bahwa obat kumur tersebut cocok atau tidak. Hal ini perlu dilakukan mengingat adapula beberapa orang yang alergi terhadap suatu kandungan zat dalam obat kumur. Nah, setelah anda mendapat obat kumur yang sekiranya pas, anda dapat memakainya untuk berkumur sebanyak dua kali dalam satu minggu. Dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur, anda akan terhindar dari masalah plak pada gigi.

Menjaga Makanan

Cara ketiga untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menjaga makanan yang anda konsumsi. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Hal ini sangat penting mengingat gula adalah zat yang seringkali melekat pada gigi yang apabila tidak segera dibersihkan akan membuat gigi anda terasa nyeri.

Konsumsi Buah dan Sayur

Cara yang selanjutnya adalah dengan memakan buah dan sayur. Diantara sekian banyak macam buah dan sayur, buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gigi agar tetap sehat adalah buah apel, daun seledri dan wortel. Ketiga jenis sumber makanan tersebut memiliki tekstur yang dapat membersihkan gigi sehingga tanpa disadari gigi anda akan menjadi bersih setelah mengkonsumsi 3 sumber makanan tersebut. Selain itu, untuk mengimbangi konsumsi buah dan sayur, anda juga harus mulai belajar berhenti merokok. Merokok merupakan aktivitas yang membuat gigi anda menjadi berwarna kecoklatan.

Bahkan, pada keadaan yang sudah parah, gigi anda akan berubah warna menjadi menghitam. Karena itulah, hindari merokok jika anda ingin gigi anda putih dan sehat. Lagipula, rokok adalah benda yang memberikan banyak kerugian bagi penggunanya. Karena itulah, sebelum semua hal yang tidak diinginkan terjadi, hindari rokok dan gantikan dengan permen mint.

Demikian mengenai cara menjaga kesehatan gigi. Semoga dapat menjadi manfaat bagi anda semua. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *