Cara menggunakan filezilla

FileZilla merupakan sebuah perangkat lunak berbasis open source yang biasa digunakan untuk melakukan transfer data dari dan ke akun web hosting. Berikut kami informasikan bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut.

1. Silahkan Anda unduh file-nya melalui situs resmi FileZilla.

2. Setelah proses unduh selesai, silahkan langsung Anda install. Jika proses tersebut telah berhasil, aktifkan aplikasi tersebut sehingga akan muncul seperti gambar berikut :

 

Silakan buka bagian FTP Client pada aplikasi FileZilla.

filezilla-upload-1-newsinfopedia

3. Kemudian, silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar.

Keterangan :
AHost : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada ?Detail Hosting Anda?

BUsername : Isi dengan username cPanel kalian
CPassword : Isi dengan password cPanel kalian.
DPort : Silakan bagian ini dikosongkan untuk menggunakan port secara default atau Anda isis dengan port 21

3.?Sekarang, kita akan melakukan persiapan Upload file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Harus semua file web agar tidak ada kesalahan, maka dari itu pastikan lebih dulu semua file telah siap.

Sekarang, kita buka file folder yang akan kita upload

cari-folder-newsinfopedia

4. Sekarang, pastikan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.

localhost-newsinfopedia

5. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, lalu klik kanan dan pilih ?Upload? dan destinasi upload kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.

upload-file-web-newsinfopedia

6. Silakan kalian tunggu sampai file terunggah semua, apabila semua file web kalian sudah terunggah, kalian cukup mengimpor dan melakukan setelan pada konfigurasi database pada web kalian dengan benar, itu apabila kalian menggunakan database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *