CARA MENGATASI RAM HAPE PENUH

Cara Mengatasi RAM Penuh di HP/Tablet Android – Memori internal atau yang biasa kita sebut dengan RAM itu sangat mempunyai pengaruh tinggi pada kinerja smartphone kita. Jika smartphone yang kita miliki mempunyai kapasitas RAM yang besar maka kinerja smartphone kita juga akan meningkat, dan apa yang terjadi jika smartphone kita memiliki RAM yang pas-pasan. Ya itu akan berdampak pada kinerja hp/tablet android kita yang lemot dan lambat akibat penuhnya kapasitas RAM. Hal itu juga dapat menyebabkan kita tidak dapat menginstall aplikasi aplikasi yang kita inginkan. Untuk solusi mengatasi masalah ram android ini kita tak perlu melakukan uninstall atau mencopot pada aplikasi yang lain, dan kita juga tak perlu mengorbankan file-file yang tak seharusnya kita hapus jadi kita hapus karena kapasitas RAM yang meluap. Tulisan artikel kali ini kita akan membahas permasalahan pada ram serta cara untuk mengatasinya. Umumnya para pengguna android ini banyak melakukan beberapa hal untuk memperluas kapasitas RAM yang hapir penuh, hal perlu dipertimbakan jika kapasitas RAM sudah melampaui batas mengakibakan performa HP ataupun tablet akan jadi lemot. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini adalah Cara memperbaiki RAM yang telah penuh di HP maupun Tablet Android.

Cara Atasi RAM Android Penuh

Cara Mengatasi RAM Penuh di HP/Tablet Android

Akibat pertama jika mengalami memori RAM penuh yang paling sering dialami adalah semakin lemot/lambatnya kinerja smartphone kita. Indikasi kedua adalah tertutupnya aplikasi yang kita buka secara tiba” yang disebabkan kurangnya space room yang ada. Dan juga kita tidak bisa memasukan aplikasi atau install aplikasi lain yang kita inginkan.

Untuk mengatasi masalah ini kita dapat memindahkan beberapa aplikasi atau file yang dirasa berat kedalam SD Card atau memori Eksternal. Namun sebelum anda memindahkan alangkah baiknya jika anda melihat masih banyakah ruang kosong yang berada di dalam memori eksternal anda dengan cara :

Masuk pada setting > SD Card & Phone Strorage > disana anda dapat melihat berapa banyakah ruang kosong yang ada. Setelah itu pindahkan aplikasi yang dirasa berat seperti Facebook, Youtube, Maps, Twitter dan sebagainya di SD Card.

Khusus bagi pengguna OS android froyo dan gingerbread, KitKat dan Lollipop 5.0 dapat langsung dipindahkan tanpa memakai aplikasi lain, berikut caranya :

  • Masuk pada menu Settings (Pengaturan)
  • Klik Applications (Aplikasi)
  • Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  • Klik pada salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
  • Klik Move to SD card (Pindahkan ke SD card)

NB : jika aplikasi tidak terdapat tulisan “move to SD Card” tapi “Move to Phone” itu berarti aplikasi anda sudah terpasang di SD Card

Cara berikutnya untuk pengguna android selain froyo dan gingerbread, kita dapat mengunduh aplikasi LINK2SD yang terdapat pada Play Store. Dan jangan sampai lupa kita harus selalu rutin melakukan clear cache pada android, Caranya :

  • Masuk pada Setting
  • Aplikasi
  • Manage Aplikasi
  • Pilih pada salah satu aplikasi yang ingin anda bersihkan cachenya, lalu klik Clear Cache.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *