Cara Mengatasi Lemot Pada Perangkat Android

Mengatasi-Android-Lemot

1. Pindahkan Aplikasi ke Memori Ekstenal
Jika di ibaratkan sebuah komputer, memori internal pada smartphone Android adalah Local Disk C yang memegang peranan sangat penting. Ada baiknya bagi anda untuk memindahkan aplikasi ke dalam Sdcard agar memori internal tidak penuh, dan tidak menyebabkan lemot.

2. Hapuslah Cache Aplikasi
Umumnya pada saat menginstal aplikasi ponsel kita akan menyimpan cache aplikasi tersebut pada ponsel kita. Hal ini dapat menurunkan performa ponsel kita karena setiap harinya cache dari aplikasi-aplikasi tersebut akan terus bertambah, dan dapat mengakibatkan performa ponsel kita menjadi menurun.

3. Jangan Terlalu Banyak Melakukan Multitasking
Istilah multitasking memiliki arti yaitu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Fitur multitasking meruakan salah satu kelebihan dari ponsel Android. Contohnya kita sering mendengarkan musik sambil internetan atau menjalankan aplikasi lan. Hal ini harus di minimalisir karena saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus maka ponsel akan bekerja lebih keras yang di sebabkan karena CPU, dan RAM harus bekerja ekstra. Hal ini dapat menyebabkan hang jika spesifikasi ponsel anda tidak kuat.

4. Kurangi Jumlah Widget
Selain mengakibatkan performa ponsel menurun, memasang widget juga dapat mengakibatkan baterai menjadi boros. Jadi sangat di sarankan untuk meminimalisir memasang widget pada home screen.

5. Matikan Fitur Auto Rotate
Fitur Auto Rotate sering kali kita gunakan untuk menyesuaikan posisi ponsel kita dengan keadaan bumi. Fitur ini juga dapat membuat ponsel Android menjadi lemot karena memakan jatah prosessor.

6. Matikan Fitur Auto Brightness
Fitur ini berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan ponsel sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar ponsel. lebih baik matikan fitur ini, dan atur secara manual karena akan memakan jatah CPU seperti halnya Auto Rotate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *